Dampak Covid19, Pemkab Bondowoso Dapatkan Dana Recovery Ekonomi 6,2 Miliar

  • Whatsapp
Foto: Sekretaris daerah Bondowoso Syaifullah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan (Rois beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah kabupaten Bondowoso mendapatkan dana recovery ekonomi dampak dari Pandemi covid19. Anggaran 6,2 milliar itu nantinya akan dialokasikan untuk Dinas Pertanian dan Dinas koperasi dan perdagangan untuk pemulihan ekonomi.

Sekretaris Daerah Bondowoso Syaifullah menegaskan jika dana Recovery ekonomi dampak Covid -19 dibidang Pertanian dan Diskoperindag dialokasikan untuk penguatan pupuk organik. Menurutnya, dana recovery tersebut bisa dialokasikan untuk Demplot yang akan berkolaborasi dengan Diskoperindag terkait pengadaan alatnya.

Bacaan Lainnya

“Tadi saya sudah hubungi Pertanian dan Diskoperindag untuk penguatan pupuk organik,” jelasnya ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (9/6/2020).

Dijelaskan bahwa dana recovery pertanian 1,250 miliar sementara untuk Diskoperindag 5 Miliar. Harapannya akan ada kemandirian ekonomi bila disetiap kecamatan nantinya bisa memproduksi pupuk Organik untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi para petani khususnya di Bondowoso.

“Kita dorong untuk pupuk organik, kepercayaan masyarakat terhadap pupuk organik ini perlu kita kuatkan dengan adanya Demplot diharapkan masyarakat percaya akan manfaat pupuk organik,makanya saya minta Dinas Pertanian dan Diskoperindag untuk membuat analisa ekonomi tentang pupuk organik ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Bondowoso harus punya cara yang tepat dalam mengatasi kekurangan pupuk . Salah satu solusinya dengan mengintensifkan penyuluhan tentang tata cara membuat pupuk organik kepada para petani, seperti pupuk kandang dan pupuk kompos.

“Penyuluhan tentang tata cara membuat pupuk dari kandang dan kompos dari sampah ini merupakan solusi yang tepat dan dalam jangka panjang dapat mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi yang setiap tahun dialami petani sawah, terutama pada musim pemupukan padi,” tandasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait