Dampingi Menkopolhukam Tinjau Ibadah Natal, Plh Sekdaprov Jatim Heru Pastikan Perayaan Natal Aman dan Kondusif

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono yang mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD meninjau perayaan natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya, Sabtu (25/12).

Didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Plh Sekdaprov Jatim Heru bersama Menkopolhukam Mahfud terlebih dahulu meninjau pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY) di Jalan Polisi Istimewa Surabaya.

Setibanya di Gereja HKY Surabaya, rombongan diterima Romo Yosef Eko Budi Susilo dan Romo Agus Sulistiyo. Menkopolhukam RI Mahfud MD menuturkan, kunjungan ke gereja HKY Surabaya untuk memastikan secara langsung proses ibadah natal berjalan dengan aman dan lancar.
“Saya datang kesini untuk memastikan keamanan natal di gereja bersama Pangdam, Kapolda dan Sekdaprov Jatim yang mewakili Ibu Gubernur. Saya mengucapkan kepada umat kristiani seluruhnya yang merayakan natal,” kata Mahfud usai meninjau ibadah natal di Gereja HKY.
Disampaikan Mahfud, di Indonesia semua penduduk, agama dan lembaga keagamaan mendapat perlindungan yang sama. Sebab, Indonesia bukan negara agama dan bukan negara sekuler.

“Indonesia bukan negara agama. Kalau negara agama diatur dan dikuasai dengan sistem agama. tapi Indonesia ini merupakan Negara Pancasila,” tegasnya.
Lebih lanjut, Mahfud menekankan bahwa roh Pancasila akhirnya membawa seluruh agama di Indonesia mengajarkan kebaikan dan melindungi semua pemeluk agama. Hal itu dikarenakan Negara Indonesia menganut Pancasila yang di dalamnya terdapat butir Ketuhanan Yang Maha Esa.
“Ajaran membawa kebaikan jadi di Indonesia itu prinsipnya bukan negara agama tapi melindungi semuanya, pemeluk agama di Indonesia,” jelasnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu pun memastikan, bahwa perayaan natal di seluruh gereja di Indonesia berjalan aman dan lancar. Sebab, berdasarkan laporan Pangdam dan Kapolda Jatim, suasana Natal di Jatim berjalan kondusif.
“Saya baca laporan dari pangdam Kapolda dan Pemda bahwa gereja minimal sampai detik ini, suasana Natal aman. Sehingga ada optimisme hari ini sampai besok rangkaian Natal di Indonesia aman,” pungkasnya.
Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menegaskan, bahwa kunjungan ke gereja bersama Menkopolhukam, Pangdam V Brawijaya dan Kapokda Jatim untuk memastikan perayaan Ibadah Natal umat Nasrani berjalan aman dan lancar.

“Pagi ini kami punya kesempatan datang ke gereja HKY untuk memastikan dan menyaksikan persiapan dan pelaksanaan ibadah natal telah berjalan dengan baik dan aman,” ujarnya.
Menurutnya, kelancaran dan kemananan perayaan Natal di Jatim, tidak lepas dari peran TNI-POLRI dan pihak terkait yang ikut melakukan penjagaan sekaligus pengamanan secara baik. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-POLRI. Selamat Natal buat umat Nasrani,” ucapnya.

Sementara itu, Romo Yosef Eko Budi Susilo mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menkopolhukam beserta Pangdam, Kapolda dan Pemprov Jatim untuk memastikan keamanan perayaan Natal di Gereja HKY.
“Terima kasih Pak Menteri, Kapolda, Pangdam dan Pemprov Jatim sudah hadir untuk memastikan keamanannya,” ucapnya.
Dalam persiapan Natal, sebut Romo Eko mengaku, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama Polrestabes dan Polda Jatim. “Dimonitor terus sehingga kami merasa aman beribadah,” ungkapnya.
Setelah meninjau ibadah perayaan Natal di Gereja HKY, rombongan meninjau di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro. Setibanya di GKI Diponegoro, Menkopolhukam beserta rombongan diterima Pendeta Josafat Kristono dan Pendeta Lidya Laurina.

Setelah meninjau, Mahfud mengaku, pelaksanaan Natal di Gereja di Surabaya ternyata lebih baik. Sebab, Kapolda dan Pemprov Jatim menurunkan seluruh personel untuk melakukan pengamanan.”Kita semua menjaga kondusivitas ini dan memberi jaminan keamanan dan keimanan,” katanya.
“Bahkan, Kemarin sore saya meninjau beberapa di Jakarta yang menjadi pusat perhatian terpantau aman dan siap,” imbuhnya.
Selain itu, Mahfud juga mengimbau kepada seluruh umat yang merayakan Natal agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebab, sejauh ini, situasi Covid-19 di Indonesia masih terkendali. Ditambah penanganan Covid-19 di Indonesia terbaik nomor 5.

“Kita di track yang benar. Mohon jangan ada penularan lagi. Faktanya ini aparat dan lembaga keamanan sudah menjaga. Saya rasa semua sudah menjaga. Ini ditambah penjagaannya supaya normal 100 persen,” pungkasnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait