Datang ke Bondowoso, Dua Asesor Disambut Si Ulung dan Tarian Topeng Konah

  • Whatsapp
Kedua asesor berpose bersama singo ulung didampingi Bupati Salwa Arifin dan juga Wabup Irwan Bahtiar. (*/Rois)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dua orang asesor Unesco Global Geopark (UGG) melakukan penilaian Ijen Geopark di Kabupaten Bondowoso, Jum’at (10/6/2022).

Dua asesor yang melakukan penilaian yakni, Martina Paskova, dan Jakob Walloe Hansen.

Namun demikian, hasil assesment kemungkinan lolos UGG sendiri baru akan disidangkan di Thailand, pada 14 September 2022 mendatang.

Demikian dipaparkan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, usai mengikuti jalannya assesment di Kecamatan Ijen, Jum’at (10/6/2022).

Ia menerangkan, sebelum sidang tim asesor akan merumuskan rekomendasi terhadap Ijen Geopark yang akan disampaikan pada saat penutupan di Pendopo Banyuwangi pada 13 Juni 2022.

Dan akan dihadiri langsung oleh Bupati dari dua kabupaten.

“Disana juga nanti akan ada closing statement dan beberapa rekomendasi apa yang harus dilakukan setelah nantinya mendapatkan rekomendasi dari tim asesor,” jelasnya.

Ia menerangkan, hingga nantinya menunggu hasil sidang pihaknya akan terus melakukan pemeliharaan terhadap situs-situ yang menjadi Ijen Geopark.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Bahkan, direncanakan akan membuat calender of event bersama-sama dalam memperkenalkan Ijen Geopark.

“Dan ini sudah disepakati oleh Bupati Banyuwangi, Bu Ipuk sendiri,” pungkasnya.

Untuk informasi, di Bondowoso 2 asesor mendatangi sejumlah objek wisata yang menjadi bagian dari Ijen Geopark.

Di antaranya yakni, Kawah Wurung, Kampung Kopi Kluncing dengan mengunjungi Situs Kopi Bondowoso. Kemudian, geosite Lava Plalangan, situs komplek mata air panas Blawan, dan terakhir ke Paltuding.

Dalam kesempatan itu, tim asesor disuguhi beragam budaya. Seperti tarian Singo Ulung, petik kopi, tari ojung, dan tari topeng kona.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait