Lakukan Penilaian Dua Asesor Kunjungi Sejumlah Objek Wisata Ijen Geopark di Bondowoso

  • Whatsapp
Foto bersama dua asesor didampingi Bupati Salwa Arifin serta Wabup Irwan Bahtiar. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dua orang asesor Unesco Global Geopark (UGG) melakukan penilaian Ijen Geopark di Kabupaten Bondowoso, Jum’at (10/6/2022).

Dua asesor yang melakukan penilaian yakni, Martina Paskova, dan Jakob Walloe Hansen.

Kedatangan dua orang asessor itu, sebelum ke Bondowoso terlebih dahulu datang ke Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (9/6/2022) kemarin. Dengan disambut oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin, didampingi Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat.

Dalam kedatangannya ke Bondowoso, ke duanya langsung mengunjungi sejumlah objek wisata yang menjadi bagian dari Ijen Geopark.

Pertama langsung mendatangi Kawah Wurung, selanjutnya menuju Kampung Kopi Kluncing dengan mengunjungi Situs Kopi Bondowoso.

Dengan durasi masing-masing 60 menit, tim asesor di dua lokasi itu disuguhi beragam budaya. Seperti tarian Singo Ulung, tari ojung, petik kopi dan tari topeng kona.

Selanjutnya, mereka mengunjungi geosite Lava Plalangan, situs komplek mata air panas Blawan, dan terakhir ke Paltuding.

Bupati Salwa Arifin yang turut hadir, mengatakan, pihaknya optimis bisa lolos UGG. Dan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak.

“Kami mengucapkan terima kasih,” katanya.

Ditambahkan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bahwa dua asesor tersebut tampaknya sangat terkesan. Bahkan, ke duanya sempat melakukan interaksi dengan para pemetik kopi.

“Mulai dari Kawah Wurung mereka sudah sangat terkesan dengan view yang ada di Kabupaten Bondowoso,” urainya.

Senada dengan Bupati Salwa, dirinya mengaku optimis Bondowoso-Banyuwangi bisa lolos UGG.

“Optimis, sangat optimis,” terang Wabup Irwan.

Ia melanjutkan usai penilaian tim asesor akan merumuskan rekomendasi terhadap Ijen Geopark yang akan disampaikan pada saat penutupan di Pendopo Banyuwangi pada 13 Juni 2022.

Dan akan dihadiri langsung oleh Bupati dari dua kabupaten.

“Disana juga nanti akan ada closing statement dan beberapa rekomendasi apa yang harus dilakukan setelah nantinya mendapatkan rekomendasi dari tim asesor,” pungkasnya.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait