Desa Sogo, Manfaatkan DD Untuk Kepentingan Umum

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Desa Sogo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, Jawa Timur, benar-benar memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk hal-hal yang urgent menyangkut kepentingan umum. Diantaranya untuk pembangunan pavingisasi di jalan kampung yang masih berbalut tanah.

Menurut Kepala Desa Sogo, H.Warjito,BA, pemerintah desa memang sengaja memilih hal-hal yang krusial untuk menggunakan DD demi kepentingan masyarakat atau yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Kita utamakan yang bermanfaat bagi orang banyak. Salah satunya untuk pavingisasi ini. Dengan adanya paving, khan arus lalulintas warga menjadi lancar. Otomotis perekonomian juga lancar,” kata Kepala Desa Sogo, H Warjito,BA.

picsart_09-28-03-30-39

Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Mahmud, menambahkan, untuk pavingisasi di Dusun Sogo II, pemerintah desa membangun sepanjang 245 meter dengan lebar 3 meter yang menghabiskan anggaran sebanyak Rp.80 juta.

“Ini masih ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp.5 juta. Kalau ditambah dengan swadaya masyarakat, kita bisa mempaving sepanjang  280 meter. Jadi memang DD betul-betul kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” kata Mahmud.

Salah satu perangkat Desa Sogo, Wiji, mengatakan, selain melakukan pavingisasi yang bersumber dari DD, dalam waktu dekat juga ada pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 26 rumah warga. Namun dananya bersumber dari dana APBD Kabupaten Madiun Tahun Anggaran 2016.

“Kita sudah mengajukan dan juga sudah membuka rekening untuk RTLH. Tiap rumah sebesar Rp.6 juta. Namun saat ini dana belum cair. Mudah-mudahan cepat cair dalam waktu dekat agar rumah warga yang tidak layak huni bisa segera diperbaiki,” kata Wiji. (Dibyo)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *