Desa Sumberagung Banyuwangi Kini Jadi Lebih Bersinar

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Bagi siapa pun yang telah lama tidak berkunjung ke Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, pasti akan pangling dibuatnya. Kenapa?. Karena banyak hal yang berubah, terutama suasana malam harinya. Kini jadi lebih terang benderang dan bersinar.

Ya, disitu telah dibangun ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang berjajar disepanjang jalan desa.

Bacaan Lainnya

Dan yang lebih istimewa, LPJU yang dibangun seluruhnya menggunakan tenaga surya. Semua itu berkat program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Sebuah perusahaan tambang emas dibawah naungan PT Merdeka Copper Gold Tbk, yang beroperasi didesa setempat.

“Sedikitnya ada 200 LPJU tenaga surya, prioritasnya di jalan jalan desa,” ucap pelaksana program LPJU PT BSI, Caesar Muhni Rizal, Kamis (16/6/2022).

Selain jalan desa, lanjutnya, menjadi sasaran pemasangan LPJU adalah objek wisata atau fasilitas umum. Seperti mushola, pemakaman dan titik lokasi yang dianggap rawan kecelakaan atau kejahatan.

Dalam pemasangan, operator tambang emas turut melibatkan masyarakat sekitar. Dengan kata lain, program ini sekaligus menjadi peluang kerja dan perekonomian. Tak pelak, warga pun sangat antusias dengan program LPJU ini.

“Sekarang desa kami jadi terang benderang, menjadi bersinar,” ungkap Jianto

Masyarakat pada umumnya mengaku senang dengan adanya lampu penerangan jalan. Jika sebelumnya jalan gelap, kini menjadi terang,” Menjadi lebih bersinar,” kata salah seorang warga, Jiyanto.

Masyarakat berharap, PT BSI selaku pelaku investasi, mampu memberi manfaat yang lebih luas. Khususnya bagi masyarakat dan Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, yang merupakan tempat berdiri perusahaan. Dengan begitu keberadaan tambang emas benar-benar mampu memberi dampak kemajuan dan kesejahteraan diwilayah sekitar. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait