Deteksi Dini Virus Corona, Dinkes Sumenep Siapkan Posko Konsultasi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono

SUMENEP, beritalima.com|Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan langkah preventif dalam menangani virus corona. Salah satunya menyiapkan posko konsultasi di seluruh Puskesmas, Rabu (04/03/2020).

“Kami sengaja bentuk posko untuk konsultasi virus corona, agar masyarakat tidak keliru mendapatkan informasi soal virus tersebut,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono, Rabu (04/03/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Agus, Posko Konsultasi ini penting dibentuk, sebab virus corona sudah merebak di beberapa negara luar.

“Posko ini fungsinya mengantisipasi kepanikan warga yang berlebihan terkait virus yang sudah merebak itu,” paparnya.

Dengan adanya posko informasi di masing-masing Puskesmas, diharapkan masyarakat bisa mendapat informasi yang benar dan tidak termakan informasi hoaks.

“Masing-masing posko konsultasi, Dinas Kesehatan menyiapkan tenaga medis untuk menerima keluhan dari masyarakat. Ada dokter, perawat dan bidan bagi mereka yang hamil,” terangnya.

Posko ini, menurut Agus, akan terus disiagakan di masing-masing Puskesmas, hingga waktu yang tidak ditentukan. Karena hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah, kapan kasus virus corona ini akan selesai.

Dinas kesehatan juga melakukan kerjasama lintas sektoral. Di antaranya dengan pihak kepolisian dan TNI. Kerjasama ini untuk mempermudah dan mempercepat informasi, khususnya kedatangan warga dari luar negeri yang terindikasi melakukan kontak langsung dengan warga yang suspect corona. Khususnya dari negara China.

“Kami sudah buat edaran, dari Kemenkes, Bupati dan Dinas Kesehatan. Termasuk agar masyarakat terus melakukan prilaku hidup sehat,” tukasnya.

(**An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait