Di Tuban, Puti Guntur Angkat Wisata Religi di Jawa Timur

  • Whatsapp

TUBAN – Masuk di Tuban, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno memulai safari dengan wisata religi. Kandidat nomor 2 itu berziarah ke Makam Syech Maulana Ibrohim Asmoro Qondi, ayahanda Sunan Ampel.

Makam itu menjadi salah satu tujuan para peziarah dari berbagai penjuru daerah jika mereka singgah ke Tuban. Terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Makam Syech Asmoro Qondi terawat dengan baik dan bersih.

Makam berada di dalam masjid yang berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Sebelum menuju lokasi makam, Puti mengambil air wudhu. Kemudian menuju gerbang gapura pertama, pintu masuk utama. Tiba di lokasi makam, kader PDI Perjuangan (PDIP) itu melakukan doa bersama warga masyarakat.

Setelah ziarah, Puti terlihat mengamati kompleks bangunan. Ia terkagum atas terpeliharanya seluruh bangunan itu. “Kondisi yang terawat ini membuat para peziarah menikmati dan betah di areal ini,” kata cucu Bung Karno itu.

Hanya bangunan masjid yang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengurangi bentuk aslinya. Jendela, pintu dan langit-langit masjid yang dipenuhi lafadz arab berbentuk kaligrafi ukir kayu jati kuno. Para peziarah meyakini masjid ini merupakan tempat yang mustajabah.

“Syukurlah Tuban mempunyai kekayaan religi ini. Kita, yang masih muda ini, bisa mengenang bagaimana dahulu para pejuang iman Islam gigih menyebarkan agama di Jawa ini,” kata Puti.

Selain Makam Asmoro Qondi, di Tuban juga memiliki Makam Sunan Bonang, salah satu dari Wali Songo, yang juga menjadi tujuan singgah para peziarah.

Warga Jawa Timur biasanya menjadikan Makam Sunan Bonang satu paket ziarah “Wali Lima”, selain Sunan Ampel di Surabaya, Syach Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri di Gresik dan Sunan Drajat di Lamongan.

“Berbahagia sekali warga Jawa Timur, dimana makam-makam pejuang Islam itu menjadi kekayaan rohaninya, yang setiap saat bisa dikunjungi,” kata Puti.

Bersama pasangannya, Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Puti Guntur mempunyai keinginan untuk menjaga situs-situs wisata religi di Jawa Timur.

“Menjaga dan mengembangkan wisata religi di Jawa Timur menjadi rencana kebijakan penting bagi Gus Ipul dan saya,” kata Puti.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *