Dibangun Pakai APBN 2012, Atap SMPN 1 Bungatan Ambrol Tanpa Sebab

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.comAtap bangunan SMPN 1 Bungatan yang terletak di Dusun Tegal Mulyo, Desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, mendadak ambruk, Kamis malam hari jam 01.00 (1/12). Tanpa diketahui penyebanya, padahal atap in yang menggunakan galvalum baru selesai dibangun 2012.

Peristiwa ambruknya bangunan SMPN 1 tersebut mengaget Misnawi (41) petugas penjaga malam di sekolah tersebut, misnawi membeberkan saat kejadian dirinya sedang tidur lelap di belakang sekolah, tiba terdengar suara keras “Braaak” yang mengakibatkan warga sekitar juga langsung keluar rumah.

“Padahal tidak ada angin maupun hujan, kami kaget karena suaranya keras sekali, sampai terdengar kerumah warga yang berjarak 300 meter,” Kata misnawi saat ditemui beritalima.com Sabtu (3/12).

Penelusuran beritalima.com di lokasi kejadian, sesuai dengan prasasti yang terpasang di dinding bangunan adalah hasil pembangunan proyek rehabilitasi gedung SMPN 1 Bungatan yang dibiayai dari dana APBN Kemendikbud tahun 2012 atas usulan anggran DPR RI Komisi X 2009-2014, selesai dikerjakan pada tahun 2012.

Dikonfirmasi kepihak SMPN 1 Bungatan melalui seorang guru bidang Olahraga Agus Purwanto mengatakan, ambruknya atap tiga ruangan itu, diduga konstruksi rangka atap dari galvalum tidak kuat menahan beban genteng, beruntung peristiwa ambruknya bangunan bagian atap di tiga ruangan itu, saat tidak dalam proses kegiatan belajar menagajar.

“Sebelum perisitiwa itu, memang telah terjadi hujan deras beberapa kali, beruntungnya saat kejadian tidak sedang aktivitas belajar mengajar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan dirinya beserta guru-guru lainnya tidak menyangka, jika bangunan tersebut rusak lebih cepat dari usia konstruksi bangunan yang diharapkannya, “Atap ruangan yang ambrol itu ruangan guru, musik dan UKS, sementara barang – barang dari ruangan tersebut sementara dipindahkan keruangan lain agar proses belajar mengajar tidak terganggu,” Ungkap Agus.

Saat ditanya berapa dana yang dikucurkan dari APBN kemendikbud saat tahun 2012 silam, agus mengatakan tidak tahu menahu, “yang tahu kepala sekolah mas, cuma pak kepala sekolah sedang di surabaya,” terangnya.  (*/Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *