Diduga Alami Gizi Buruk, Alkatras Bocah 2 Tahun Butuh Perhatian

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com— Alkatras (2) bocah penderita gizi buruk terbaring lemah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana. kondisi pertumbuhannya terus memprihatinkan tidak seperti layaknya anak-anak seusianya.

Alkatras anak dari pasangan Nurmila Tuasikal dan Rusli Umasangadji warga Desa Waiu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) masuk RSUD Sanana pada Jumat kemarin,

Gizi buruk yang menimpa Alkatras sudah berlangsung lama. Hal ini ditandai dengan penyakit batuk, asma, dan mag yang kerap kambuh, “kata Rusli kepada media ini Sabtu (06/11/21)

Lanjut Rusli, Ia mengaku, sempat berkoordinasi ke Puskesmas dan Pemerintah Desa setempat untuk membantu meringankan beban pengobatan anaknya, “Mereka rujuk ke RSUD Sanana dan itu pun mereka mendapatkan teguran dari pihak Dinas Kesehatan barulah mereka membawa kami ke RSUD,” ucap Rusli.

Tambah Rusli, Alkatras sebelumnya pernah dirawat secara medis, namun kondisi kesehatannya memburuk setelah berjalan beberapa bulan.

“Kami sudah pernah ke rumah sakit untuk pengobatan anak kami, kurang lebih satu minggu kami di rumah sakit, jadi sudah ada perubahan langsung kami pulang. Namun berselang enam bulan kemudian, batuk dan mag kambuh lagi,” tutur Rusli

“Kami berobat kampung (tradisional), namun lagi-lagi belum membuahkan hasil yang diharapkan. Kami kekurangan anggaran atau tidak ada uang untuk pengobatan ke rumah sakit.

Sekadar diketahui, Alkatras baru kembali dirawat di RSUD Sanana sejak Jumat pekan lalu atas kebijakan dari Dinkes Sula. Namun berselang sepekan, kondisinya belum membaik, “Ia berharap, ada perhatian dari pemerintah setempat demi kesembuhan anak saya, “pilunya.[dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait