Didukung Pemdes, Pemuda Desa Tanggul Rejo Ciptakan

  • Whatsapp

teks foto : Salah satu tim Tanggul Aeromodelling menunjukkan karyanya. (Ron)

Didukung Pemdes, Pemuda Desa Tanggul Rejo Ciptakan Aeromodelling

GRESIK,beritalima.com- Kreatifitas warga Desa Tanggul Rejo, patut diacungi jempol. Berbekal kemampuan teknisi mesin dan programer, sejumlah pemuda Desa di Kecamatan Manyar ini berhasil menciptakan Aeromodelling yaitu miniatur pesawat terbang yang mampu terbang dengan ketinggian sampai 500 meter dan jarak tempuh sejauh 2 kilometer.

Meski dengan dana terbatas, tim Tanggul Aeromodelling (Sebutan tim mereka red-) berhasil mengkomersialkan miniatur tersebut bahkan mereka mengaku sudah menjual sebanyak 35 unit ke luar kota. ” Harganya paling murah 750 ribu,kalau tanpa remot control. sedang paling mahal bisa mencapai 1, 750 ribu,itu komplet semua,” ujar Muhamad shofiyulloh, salah satu teknisi. ” Pemesannya ada yang dari Surabaya,” tambahnya.

Adapun bahan yang digunakan para pemuda kebanggan bangsa ini diantaranya Gabus, kayu balsa, Mesin motor, servo receiver. Flopeler , ditambah remote control.” Bahan-bahannya kita pesan melalui online,” pungkasnya.

Terkait dengan dukungan dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, Shofiyullah mengaku sangat bersyukur karena turut mendukung penuh baik dari segi pendanaan maupun pelatihan.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggul Rejo, Abdul Karim Ali mengatakan,dukungan pihaknya kepada tim Tanggul Aeromodelling adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap pemuda yang punya keahlian. Dengan dukungan itu diharapkan mereka dapat mengembangkan potensinya dan memberi kontribusi bagi Desanya. ” Kegiatan mereka kita danai dan kita buatkan pelatihan agar bisa menularkan keahliannya ke yang lainnya,” ujarnya.

lebih lanjut, Abdul Karim menambahkan, selain dibidang pembutan miniatur pesewat tim Tanggul Aeromodelling juga diajari cara memanfaatkan drone untuk membantu memetakan potensi Desa dan menciptakan usaha jasa pembuatan film pendek maupun periklanan.” Dengan adanya fasilitas drone, Saya ingin mereka bisa membuat cinema atau film pendek untuk melihat potensi Desa dari atas,” pungkasnya.

Kreatifitas pemuda Tanggul Rejo ini rupanya mendapat apresiasi dari Wakil DPRD Gresik Nur Qolib. Ia mengatakan salut atas hal positif tersebut. Ia berharap Pemdes setempat terus mendukung kreatifitas anak muda ini karena mereka adalah aset masa depan Desanya.

Lebih lanjut Nur Qolib juga meminta Pemkab Gresik melalui dinas terkait turut membantu mengembangkan kreatifitas meraka. yaitu dengan memberi ruang gerak berekspresi terhadap daya pikir dan daya nalarnya serta memberi suntikan modal untuk stimulus awal untuk mendorong kreatifitas mereka.

” Dukungan itu harus diberikan oleh semua pihak. mulai dari Pemdes, Pemkab Gresik sampai perusahaaan melalui CSR-nya. karena mereka adalah aset masa depan kita,” (Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *