Diet Keto- Apa Manfaat & Resikonya ?

  • Whatsapp

Oleh ;
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Dalam praktek sehari hari kami rak luput pertanyaan dari berbagai kalanfan masyarakat umum terutama ibu berbadan gemuk, “Dokter, Bolehkan saya ikut program diet keto ?saya membalas bahwa itu tergantungkondisi kesehatanmu, apa manfaat namum apa resiko perlu diketahui.
Terpetik berita duka dari seorang perawat laki kami gara gara diet keto ketat Berat badan turun drastis tapi nyawa menghilang ,belum lagi tetangga kami bu Aminah yang Bb 104kg gara diet keto turun jadi 68 kg dan menderita Stroke mendatang.

Diet keto adalah pola makan yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat, tetapi tinggi lemak. Diet ini dianggap dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, diet keto masih menjadi kontroversi karena diduga bisa membahayakan kesehatan jika tidak dilakukan dengan tepat. Diet ini memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama dan memicu proses pembakaran lemak yang disebut ketosis.

Manfaat Diet Keto adalah untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Meskipun begitu, rupanya terdapat sejumlah efek samping yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan program diet keto. Harap dipikir matang sebelum ambil tindakan…….

APA ITU DIET KETO ?
Diet keto adalah program diet yang dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat (tidak lebih dari 50 gram per hari) dan meningkatkan konsumsi lemak. Diet keto mulanya bertujuan untuk menurunkan kasus epilepsi pada anak. Kini, pola makan tersebut banyak diterapkan untuk membantu proses penurunan berat badan. Bagaimana bisa?
Perlu diketahui, ketika tubuh hanya menerima kurang dari 50 gram karbohidrat per hari, tubuh akan kekurangan glukosa yang seharusnya diubah menjadi energi. Kondisi tersebut membuat tubuh menghasilkan energi dengan memecah protein dan lemak. Proses pemecahan protein dan lemak inilah yang berpengaruh pada penurunan berat badan.

MANFAAT DIET KETO
1. Mengendalikan Epilepsi
2. Menurunkan Berat Badan
3. Mengontrol Gula Darah
4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

RESIKO DIET KET
Diet keto menyebabkan orang yang menjalaninya mengalami kondisi ketosis. Ketosis merupakan proses alami ketika tubuh kehilangan karbohidrat sebagai sumber energi utama sehingga menggunakan cadangan lemak untuk menggantikannya.Proses tersebut akan menghasilkan keton, yaitu produk yang dihasilkan dari metabolisme lemak namun kadar keton yang terlalu banyak justru dapat berdampak buruk pada kesehatan karena dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat senyawa kimia dalam darah kehilangan keseimbangan kondisi ini dapat memicu komplikasi serius, seperti gangguan ginjal, hati, hingga lemak darah.

EFEK SAMPING DIET KETO
1. Nyeri kepala.
2. Mual dan muntah.
3. Kesulitan buat air besar (BAB) atau sembelit.
4. Mood swing.
5. Gangguan tidur.
6. Gangguan sistem pencernaan.
7. Penyusutan otot.
8. Mudah mengantuk.
9. Kram di bagian otot, seperti tangan dan kaki.

Guna mengurangi beberapa risiko yang telah disebutkan di atas, program diet ini disarankan untuk dijalankan dalam jangka pendek, mulai dari 2—3 minggu dan maksimalnya 6—12 bulan. Tujuan diet keto adalah sebatas mengurangi lemak dalam tubuh dan memperbaiki kesehatan. Setelahnya, Anda dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang seimbang.
Berikut contoh menu Diet Keto :
1. Diet keto standar, yaitu pola makan yang menerapkan
– 70% konsumsi lemak,
– 20% protein,
– 10% karbohidrat.
2. Diet keto tinggi protein, yaitu pola makan yang menerapkan
– 60% konsumsi lemak,
– 35% protein,
– 5% karbohidrat.
Berikut menu diet keto bagi pemula sebagai berikut ;
Sarapan:
Telur orak-arik mentega, salad buah dan yogurt, dan jeruk peras.
Makan siang:
Sayur bayam, ayam bakar mentega, dan nasi merah.
Camilan: Alpukat dan kacang-kacangan.
Makan malam:
Semur daging, tumis brokoli, dan telur mata sapi.

Pada dasarnya, diet keto adalah pola makan yang aman untuk diterapkan selama dilakukan dengan tepat atau dalam pengawasan dokter atau ahli gizi. Meski begitu, penerapan program diet ini perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan masing-masing individu. Hal ini dikarenakan efek samping atau reaksi yang terjadi pada setiap orang bisa berbeda-beda.
Demikian sekilas 8nfo tentang diet keto,tetimakasih.
RobertoNews 1676 《17.4.23 (07.40)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait