Difasilitasi Pemkab, Kuli Tinta di Bangkalan Ikuti Penguatan Kompetensi Jurnalistik

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com– Hari Pers Nasional (HPN) menjadi hari bersejarah bagi para jurnalis se-Indonesia. Perayaan HPN dilaksanakan setiap tanggal 9 Februari didasarkan pada keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Keputusan Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari ini menyatakan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan. Selain itu, memiliki peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Tahun 2019 ini Hari Pers Nasional dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur. Tema peringatan yang diambil tahun ini yakni ‘Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’.

Para kuli tinta di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur turut pula merayakan hari bersejarah itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar ‘Workshop dan Penguatan Kompetensi Jurnalistik’, yang diikuti 50 orang wartawan daerah Kabupaten Bangkalan, ditempatkan di Hotel Royal Orchids Garden, Kota Batu selam 3 hari mulai tanggal 13-15 Februari 2019.

Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Mohni., M.M mengatakan, Pers sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam menyajikan informasi kepada masyarakat tentang pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Baik pembangunan yang sedang direncanakan maupun yang sedang dilakukan,” ucapnya.

Dikatakan Mohni, kegiatan tersebut sengaja diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada para kuli tinta di Bangkalan. Karena kata dia, tugas dan fungsi pers merupakan bentuk pengabdian ke masyarakat. “Karena pers merupakan pilar keempat demokrasi,” ujar Mohni.

Disampaikan dia, tema HPN tahun ini sesuai dengan RPJMD Pemkab Bangkalan yaitu ekonomi kerakyatan berbasis digital yang berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah berupaya mendorong kemajuan UMKM di Bangkalan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” tambahnya.

Sementara, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangkalan, Jimhur Saros menyampaikan, Perayaan HPN kali ini baru pertama kali difasilitasi Pemkab Bangkalan. Oleh karena itu dia mewakili wartawan Bangkalan menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Bangkalan.

“Ini pertama kali difasilitasi Pemkab, jadi kami sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan yang telah memfasilitasi kepentingan wartawan,” tandasnya. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *