Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pelatihan Pengolahan Berbahan Ikan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menggelar pelatihan pengolahan bahan asal ikan, di ruang Graha Retno Dumilah, Pemerintah Kabupaten Madiun, selama dua hari 18-19 September 2018.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun, drh Hj Lilin Syarifah Aniesah, mengatakan, pelatihan pengolahan berbahan ikan ini merupakan inovasi untuk mengolah ikan dengan berbagai menu.

“Tujuan kita di Dinas Ketahanan Pangan ini, pertama, harus tersedia makanan berkarbohidrat dan protein hewani. Yang mana protein hewan ini sangat diperlukan oleh tubuh kita,” kata drh Hj Lilin Syarifah.

Jika dulu untuk mengkonsumi ikan cukup digoreng, lanjutnya, namun sekarang dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, mengolah ikan dapat dilakukan dengan berbagai macam menu agar anak-anak suka makan ikan. Sehingga anak-anak semakin banyak perkembangannya dan semakin pesat pertumbuhannya.

“Daya saing untuk memasarkan produk (berbahan) ikan sangat menentukan. Sangat ditentukan oleh kreatifitas semua. Untuk itu, ibu-ibu bagaimana caranya supaya anak-anak yang dulunya tidak mau makan ikan, mau makan ikan dalam beberapa bentuk olahan,” lanjutnya.

Untuk itu, Lilin berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan cermat. “Minimal nanti dapat ditularkan kepada para tetangga. Kemudian kalau event, mungkin bisa disuguhkan. Apalagi kalau waktu hajatan ada menu ikan, ini sangat luar biasa,” tambah Lilin, yanp disambut tawa peserta.

Jadi, paparnya, tidak hanya menyediakan bahan, tapi bagaimana pangan itu bisa sampai ke masyakat dan anak-anak. “Tujuannya adalah biar B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman-red) biar tercapai. Kabupaten Madiun banyak potensi ikan. Harus dimanfaatkan. Tinggal bagaimana caranya agar ikan disukai masyarakat dan anak-anak. Ikan itu bisa dibentuk dengan olahan apa saja. Dengan catatan tidak mengurangi gizi yang terkandung di dalamnya,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun, Ir Susmardijanti, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan peserta tentang olahan pangan berbasis ikan.

“Kemudian meningkatkan konsumi ikan di Kabupaten Madiun. Selain itu, sebagai persiapan lomba cipta menu yang sesuai rencana digelar pertengahan Oktober mendatang,” terang Ir Susmardijanti.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun dan dua peserta dari SMKN Mejayan, mendatangkan nara sumber dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LPPK) Rieny Kediri, Kisworini. Untuk teori, diselenggarakan Selasa (18/9), sedangkan praktek, Rabu (19/9). (Dibyo).

Ket. Foto dari kanan: Kisworini, Lilin S, Surmardijanti.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *