Dinas Pertanian Lakukan Ujicoba Tiga Bibit Jagung Unggul

  • Whatsapp
www.beritalima.com

ACEH-Tiga Verietas Jagung di Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen diujicoba tergolong sangat baik, hal ini dikatakan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh (BPTP),Ir.M.Ferizal MSc, Melalui Peneliti Sosial Ekonomi Husaini Yusuf SP,MSi, Kamis-10-10-2019.

Menurutnya, hasil jagung yang sudah di tanam oleh Masyarakat Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada tersebut dengan luas lahan yang direncanakan 30 Hektar sedangkan yang di ujicoba hanya 3 Hektar dan ini hanya tinggal menunggu masa Panen.

“Ini program khusus atau Upsus Pajale Padi Jagung dan Kedelai, dalam kegiatan ini kami dan Masyarakat disini sepakat untuk memfokuskan penanaman jagung pendampingan beberapa pengembangan varietas unggul baru ,ini juga hasil rekayasa dari Badan Litbang pertanian Kementerian Pertanian di Jakarta,kami juga mendesiminasikan ada Empat Varietas unggul baru, sebutnya.

Dalam hal tersebut ada Tiga Verietas Unggul dari hasil rekayasa Badan Litbang itu adalah, yang pertama varietas existing yang sudah ditanam oleh Masyarakat di Desa ini ada tiga Varietas lagi yang baru kita uji cobakan,seperti Bima Uri 19, Uri 20 dan Nasa 29.

Sementara varietas existing Bisi Uri 18 ini merupakan Bibit Jagung yang sudah umum digunakan oleh Masyarakat di kabupaten Bireuen terutama di kecamatan peudada,ujar, Husaini.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Petani kedelai sekarang sudah mengembangkan jagung ini Juga, untuk memberikan informasi kepada petani, bahwa Badan Litbang pertanian juga sudah berhasil menciptakan varietas unggul baru komoditas jagung yang dilakukan oleh Balai serealia di Maros.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Perkembangan atau progres di lapangan tambah Husaini saat meninjau langsung penanaman Jagung Ujicoba yang akan sampai masa Panen , itu menyebutkan,yang kami lihat dilapangan pertumbuhannya sudah sangat baik.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Untuk hasil produksi per hektar berdasarkan deskripsi varietas itu untuk bibit jagung Nasa 29 itu lebih kurang 15 ton per Hektar, sedangkan Bima Uri 19 dan Uri 20 diperkirakan sekitar 14 ton per Hektar.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sementara itu Ketua Gapoktan Karya Tani Desa Meunasah Bungo Muzakkir, Kepada Beritalima mengatakan,kita disini sudah lama melakukan penanaman Jagung di sini, tapi Bibitnya jenis Pioner, dimasa itu hasilnya juga memuaskan,

www.beritalima.com

“Untuk kali ini kami disini menanam Bibit Bima Uri 19, uri 20 dan Bisi 18 serta Nasa 29 yang di berikan secara geratis kepada Masyarakat disini oleh Dinas Pertanian Aceh, bibit ini diberikan untuk Ujicoba di Desa Kami dan ini sebagai salah satu Program percontohan di Kabupaten Bireuen, kami juga akan melihat hasilnya jika bibit ini mencapai target dan hasil mamuaskan kita akan meneruskan penanamnya, “(A79)

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *