La Nyalla: DPD RI Siap Perjuangan Pelestarian Kearifan Lokal

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com| Dalam rangka optimalisasi pelestarian nilai-nilai budaya daerah, DPD RI siap menjalin kerjasama kemitraan dengan daerah.

“DPD RI senantiasa memperjuangkan kebijakan yang mendukung pelestarian nilai-nilai budaya serta kearifan lokal dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkap Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti saat membuka acara Gebyar Budaya Betawi di Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta. Kamis (10/10).

Bacaan Lainnya

Karena itu, Lanyalla mengajak seluruh stakeholder untuk menyadari betapa pentingnya membangun kebudayaan di daerah-daerah Indonesia. Karena budaya menjadi cerminan jati diri bangsa dalam memperkuat pondasi Pancasila.

“Tujuannya bukan semata-mata memunculkan simbol tetapi dapat diterjemahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup individual, sosial maupun dalam lingkup institusi negara,” ucapnya

Menurut Lanyalla, Pancasila yang sudah ada harus diperkuat baik secara sistematis dan metodelogi. Salah satunya dalam penguatan budaya bangsa sehingga bisa berfungsi bagi kerja sosial sekaligus menopang kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Salah satunya Gebyar Budaya Betawi ini yang bertujuan penguatan bangsa. Bahkan, budaya juga mampu meningkatkan promosi pariwisata, budaya, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat lokal. Harapan saya nanti acara ini bisa juga dilaksanakan di setiap provinsi,” ujar Lanyalla.

Senator dari Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, penyelesaian semua masalah kebangsaan dan kenegaraan harus menyentuh aspek mendasar yaitu kebudayaan.

Artinya, upaya pembangunan nasional dan sosial hanya upaya tambal sulam jika gagal menyentuh aspek mendasar. “Untuk itu kita harus memperkuat nilai-nilai kebangsaan dari dasar yaitu kebudayaan.”

Pada kesempatan serupa, anggota DPD RI Provinsi Jakarta, Sylviana Murni mengatakan, tujuan kegiatan ini mencermikan bahwa DPD RI menjadi Rumah Kebangsaan, alhasil kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat.

Kedepan, DPD RI akan mengadakan event-event kebudayaan dari 34 provinsi yang ditampilkan di parlemen. “Jadi saya merasa bangga, Jakarta bisa menjadi pionir dari seluruh kebudayaan di setiap provinsi. Kita berencana akan mengadakannya di sini,” tuturnya.

Anggota Komite III berharap kedepan DPD RI harus terus memberikan penguatan kebangsaan agar terwujudnya tujuan nasional. Selain itu, dengan hadirnya kebudayaan dari setiap provinsi maka otomatis akan memperkuat NKRI.

“Tentu saja basisnya adalah penguatan daerah itu sendiri, dengan kearifan lokalnya. Jika kita mampu melestarikan kearifan lokalnya seperti di Jakarta. Artinya, penguatan pilar-pilar dari bawah (budaya) maka NKRI memiki kekuatan pondasi,” kata Sylviana. (akhir)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *