Dinilai Lalai, Disdik Bangkalan: Jangan Mendiskreditkan Dinas Pendidikan

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com – Terjadinya persoalan disalah satu Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bangkalan. Terkait pengelolaan Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau saat ini lebih dikenal dengan Program Indonesia Pintar (PIP) serta adanya pungli (pungutan liar) yang sempat terjadi di SDN Gebang 1 Bangkalan mengundang banyak reaksi dari beberapa pihak.

Salah satunya datang dari Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan Mohammad Hosyan (1/02/2018) kemaren dikutip dari Kabar Madura. ia menilai terjadinya permasalahan tersebut karena kelalaian dari Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan dalam menyalurkan dana bantuan.

Sehingga, kata dia (Hosyan, Red) bantuan yang diberikan terkesan tidak tepat sasaran dan tidak bermanfaat bagi siswa. Seharusnya menurut dia, pengelolaan bantuan untuk SDN diseluruh Kabupaten Bangkalan diawasi dengan ketat dan sigap khususnya pada pihak yang membidanginya.

Sementara, Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Mustika, membantah bahwa pihaknya lalai dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dana bantuan disetiap sekolah.

“Ya sebenarnya tidak lalai, karena kita kan tidak bisa ngurusin satu-satu. Itu kan sudah dipasrahkan ke sekolah masing-masing,”Ucap Bambang, (02/02/2018) Saat dikonfirmasi BeritaLima.

“Kalau lalai itu kan berarti kita tidak bekerja mas, tapi kita kan bekerja,”Imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya telah memberikan pembinaan kesetiap sekolah melalui UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) dimasing-masing kecamatan.

“Saya melalui kepala UPTD-nya sudah mewanti-wanti bukan satu kali dua kali, sudah berkali-kali bahwa penyalurannya seperti ini. Buktinya di sekolah lain tidak seperti itu kan,”Ujarnya.

Bambang mengatakan, jangan menjelek-jelekkan kinerja dari Dinas Pendidikan. Karena pihaknya sudah melakukan pembinaan.

“Jangan mendiskreditkan Dinas Pendidikan lah. Kalo cuman satu itu bukan lalai yang lalai itu kalau kita tidak melakukan pembinaan sama sekali dan di Bangkalan yang terjadi seperti itu cuman satu kali kan. Dan mudah-mudahan di sekolah-sekolah lain tidak muncul,” Tutupnya.

Sementara itu DPD LSM LIRA Bangkalan juga angkat bicara terkait hal ini, plt.bupati Lira Rofii Sh segera akan berkoordinasi dengan APH karna ini jelas-jelas ada pungli di sekolah, ini harus segera ditindak lanjuti agar segera selesai (Rsd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *