Dinkesprov Bengkulu Gelar Rakerkesda, Percepatan Eliminasi TBC

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com – Dalam Upaya Percepatan Eliminasi TBC, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan Serta Mutu Imunisasi Melalui PIS-PIK, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu gelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) dengan tema “Sinergisme Pusat dan Daerah” di Nalla Sea Side Hotel Bengkulu. Selasa (03/05/2018).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, dihadiri Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI, Dra Maura Linda Sitanggang, Anggota DPR RI Dapil Bengkulu Elva Hartati, Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Riri Damayanti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Walikota/Bupati se-Provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, unsur FKPD dan OPD Provinsi Bengkulu serta undangan lainnnya.

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, menjelaskan bahwasannya Rakerkesda ini merupakan bukti sinergi antara pusat dan daerah dalam upaya penekanan pengidap TBC dan Stunting.

“Ini merupakan rapat yang digelar setiap tahunnya dalam rangka sinergi pusat dan daerah, ini merupakan program prioritas dalam upaya pencegahan TBC. Indonesia menempati peringkat kedua setelah India angka tertinggi penderita TBC tertinggi, untuk itu Rakerkesda ini digelar untuk bersama menjalin sinergi untuk menekan angka TBC dan Stunting ditargetkan tahun 2030 angka stunting dan TBC turun” jelasnya.

Senada diungkapkan oleh Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI, Dra. Maura Linda Sitanggang, yang menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan RI mengatakan bahwasannya Rakerkesda ini digelar dalam upaya meningkatkan sinergitas Pusat dan Daerah untuk merealisasikan Program Pemerintah.

“Rakerkesda ini memiliki tiga fokus yaitu pecepatan eliminasi TBC, penurunan stunting serta peningkatan serta mutu imunisasi. Dalam Rakerkesda saya harapkan sinergitas pusat dan daerah dapat terjalin sebaik mungkin sesuai dengan harapan program pemerintah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat” ungkapnya.

Mewakili Plt Gubernur Bengkulu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, berharap Rakerkesda yang digelar kali ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat di Bidang kesehatan dan diharapkan setelah kegiatan ini nantinya dapat mewujudkan sinergitas antara pusat dan daerah untuk dapat merealisasikan program Pemerintah.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Rakerkesda ini juga dilakukan penandatanganan MoU Komitmen Bersama Walikota/Bupati se-Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini diikuti 166 peserta yang terdiri 74 peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan 92 dari Instansi terkait Pemerintah Provinsi Bengkulu. (Mts).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *