Dinsos Bangkalan Percepat Verval Data Penerima Bansos

oleh -1 views

BANGKALAN, Beritalima.com- Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2015 dari Kementerian Sosial (Kemensos) terus lakukan percepatan Verifikasi dan Validasi (Verval) data penerima bantuan sosial (Bansos).

Untuk itu. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.(18/11/19)


Rakor yang dihadiri oleh Dinsos, Tim Koordinator (Tikor), Camat se-Bangkalan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), dan Pengawas Verval data.

Koordinator Camat se-Bangkalan Hosin Jamili, mengungkapkan, proses Verval data yang lama di desa disebabkan oleh Operator double job.

“Kebanyakan Operator Desa itu menangani lebih dari satu pekerjaan, sehingga kadang banyak yang teranak tirikan,” jelas Camat Burneh itu.

Ditempat yang sama, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Bangkalan Setijabudhi mengatakan, Rakor ini dilaksanakan guna mempercepat proses Verval data kemiskinan. Supaya keluarga kurang mampu segara bisa teridentifikasi dan bisa menerima Bansos.

“Diharapkan kepada TKSK maupun Camat untuk segera memverval data di masing-masing wilayah kerjanya,” Ucap Plt Kadinsos

Kepala Dinas Sosial itu juga menyampaikan, direncakan pada tahun depan Dinsos akan menambah petugas yang berada di Kecamatan, sehingga diharapkan dapat lebih memaksimalkan hasil kerjanya.

“Kalau awalnya itu dari Pusat ke Provinsi lalu Kabupaten dan berakhir di Desa, insha allah tahun depan akan ditambah petugas di Kecamatan,” tutup Budhi. (IQ)