Dinsos Situbondo Bakal Saluran BLT DBHCT Pada 3.697 KPM

  • Whatsapp
Bupati situbondo karna suswandi saat rapat bersama OPD dalam rangka penyaluran BLT DBHCT. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023.

Data dari Dinsos Situbondo, BLT DBHCHT ini menyasar 3.697 penerima. Mereka terdiri dari buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK ada 10 orang, serta buruh tani tembakau sebanyak 3.539 orang.

Bacaan Lainnya

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, BLT-DBHCHT ini diberikan bagi masyarakat kurang mampu di sejumlah wilayah penghasil tembakau. “BLT ini menjadi upaya pemerintah daerah agar masyarakat yang tidak mampu bisa menikmati bantuan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri ini menyampaikan, BLT-DBHCHT ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab harga kebutuhan pokok, khususnya beras terus mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Dinsos Situbondo untuk segera melakukan verifikasi data penerima. Sehingga bantuan ini bisa segera disalurkan.

“Saat ini kondisi kebutuhan pokok seperti beras sudah mengalami kenaikan harga. Bahkan di pasar-pasar tradisional itu mencapai Rp15 ribu per-kilogramnya. Ini dikhawatirkan bisa berdampak terhadap inflasi daerah,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini juga mewanti-wanti agar BLT-DBHCHT ini disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. “Saya berharap ini bisa tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya

Bupati pun meminta agar penyaluran BLT-DBHCHT ke depan bisa lebih merata lagi. Artinya, tak hanya menyasar 14 kecamatan yang merupakan sentra penghasil tembakau.

“Artinya apa? Bantuan ini juga menyasar masyarakat kurang mampu lainnya. Karena bagaimana pun penghasil tembakau tak akan bisa bergerak manakala tak ada perokok,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto mengatakan, bahwa penerima bantuan ini berasal dari 14 kecamatan. “Penerima dari 14 kecamatan,” ucapnya.

Mantan Kabag Kesra Setdakab Situbondo ini menjelaskan, sebelum penyerahan bantuan dilakukan. Pemkab Situbondo melalui Dinsos menggelar sosialisasi terkait BLT-DBHCHT. “Sosialisasi ini dihadiri 14 camat dan instansi terkait,” jelasnya.

Mantan Camat Kendit ini mengungkapkan, nantinya penerima BLT-DBHCHT akan mendapatkan uang tunai Rp900 ribu. “Itu selama tiga bulan. Yakni Oktober, November dan Desember. Jadi perbulan Rp300 ribu,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait