Dipercaya Lembaga Donor Dunia, LIRA Jusuf Rizal Siap Rekrut 48.200 SDM Untuk Pengawasan Pemerintah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) di bawah pimpinan HM.Jusuf Rizal segera melakukan penguatan organisasi. Ini setelah LSM yang mengklaim memiliki anggota terbesar di negeri ini mendapat kepercayaan dari lembaga donor dunia untuk lebih aktif atas eksistensinya.

Gubernur LIRA Jawa Timur, Irham Maulidy, mengutarakan itu saat ditemui di Surabaya, Sabtu (25/5/2019) petang. “Alhamdulillah, menjelang peringatan HUT Ke-14 ini LSM LIRA mendapat kepercayaan dari Lembaga Donor Dunia untuk lebih aktif terlibat dalam proses pengawasan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara negara,” ujar.

Untuk itu, LSM LIRA yang telah memiliki cabang di 34 Propinsi dan 470 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia ini akan melakukan rekrutmen sebanyak 48.200 sumber daya manusia (SDM) se-Indonesia untuk pusat sampai daerah-daerah.

Tujuan rekrutmen personil sebanyak itu tak lain untuk penguatan organisasi dalam menjalankan misi penegakan hukum, pencegahan korupsi dan penyimpangan kewenangan aparatur negara.

“Tugas relawan LIRA adalah pengawasan terhadap organ pemerintah supaya tak terjadi pelanggaran hukum. Tugas ini sebagai sumbangsih LIRA sebagai anak bangsa supaya penyelenggaraan roda pemerintahan akan terwujud baik,” terang Irham.

Untuk rekrutmen SDM itu akan dilakukan tahapan-tahapan. Tahap pertama akan diambil dari jaringan LIRA atau internal, dan tahap kedua baru rekrutmen secara eksternal, yakni ke organisasi-organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, dan ormas-ormas lain.

Ditegaskan, mereka yang nantinya bergabung dan aktif menjalankan tugas kemasyarakatan sebagai pengawas lembaga pemerintah ini akan mendapat bea operasional yang bersumber dari lembaga donor dunia.

Dijelaskan, tugas LIRA adalah mengawasi penyelenggaraan negara, mengawasi kinerja pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan tujuan supaya penyelenggaraan negara menjadi lebih baik.

Jika dari misi tersebut relawan LIRA mengetahui adanya penyimpangan yang dilakukan oleh organ pemerintah, LIRA akan terlebih dulu memberi peringatan dan meluruskan, tapi jika itu diabaikan baru akan dilakukan pelaporan ke pihak terkait seperti Kejaksaan atau KPK.

“Harapan kami ke depan LIRA akan lebih bersinergi dengan seluruh aparat pemerintah, sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama yakni penyelenggaraan negara yang baik bisa terwujud,” ujarnya.

Disampaikan, LIRA yang didirikan dan diketuai Jusuf Rizal ini masih menjadi satu-satunya LSM terbesar dan terbanyak cabangnya di Indonesia. LSM ini juga masih pertahankan Rekor Muri sebagai LSM nomor wahid dengan struktur pemerintah (shadow of governance) yang terdaftar di Kesbangpol (Bukan Menkumham). (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *