Disdik Sumenep Komitmen Prioritaskan Kesejahteraan Guru

  • Whatsapp
Kepala Dinas pendidikan kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra kemeja putih dari kanan

SUMENEP, beritalima.com| Sebagai wujud realisasinya tagline ‘Bismillah Melayani’ Bupati Sumenep Achmad Fauzi, bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimis berikan layanan terbaik bagi seorang guru pendidik.

Kepala Dinas pendidikan kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra

Bacaan Lainnya

mengatakan, seorang guru merupakan seorang pejuang untuk mencetak generasi muda Indonesia berkualitas.

Untuk itu, pihaknya optimis memberikan pelayanan terbaik bagi seorang Guru yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan.

“Jadi kami terbuka untuk para guru. Bagi saya seorang guru tetap harus mendapatkan pelayanan terbaik, baik saat guru merasakan keluhan dan bentuk lainnya,” kata Agus Dwi Saputra di ruang kerjanya. Jum’at (13/5/2022).

Lebih lanjut, Agus panggilan akrabnya menjelaskan, pihaknya optimis agar semua guru baik yang ada di daratan maupun kepulauan Sumenep bisa tercover kemaslahatannya.

“Artinya, kita akan merangkul semua guru tak terkecuali. Ke depan kita akan lebih fokus pada pelayanan terbaik bagi kemaslahatan guru,” ujarnya menegaskan.

Agus menambahkan, Guru termasuk pendidik yang memiliki jasa besar. Mereka mengajarkan berbagai hal yang tidak diketahui.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada semua Guru agar tidak sungkan-sungkan lagi untuk menyampaikan langsung kepada saya apa saja keluhannya,” ungkapnya menegaskan.

Di katakannya, Seorang pendidik professional tentunya mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, melatih, menilai, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pekerjaan menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang dilakukan menyerap seluruh waktu serta tenaga. Hal tersebut dikarenakan, hampir seluruh waktu dihabiskan oleh guru dengan para siswanya di dalam ruang kelas atau di dalam media pembelajaran terkait kegiatan belajar mengajar. Namun, pengabdian yang diberikan oleh guru nampaknya tidak setara dengan tingkat kesejahteraan guru yang tergolong masih rendah pada saat ini.

Kesejahteraan guru salah satunya tentu dapat diukur dari tingkat pendapatannya. Dalam kesejahteraan seorang guru, pendapatan merupakan aspek utama dan paling pokok. Peningkatan pendapatan seharusnya menjadi barometer pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Kesejahteraan guru juga mencakup kesejahteraan material dan non material yang diperoleh dari hasil berprofesi menjadi guru yang mana kesejahteraan guru tidak lepas dari kepastian karir sebagai guru, kelancaran dalam kenaikan pangkat dan hubungan antar pribadi.

Bagi guru, kesejahteraan merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam proses belajar mengajar dengan kesejahteraan yang memadai sangat diharapkan oleh banyak guru. Mereka mengajar tanpa membedakan status siswa, semua siswa dididik, dibina sehingga menjadi siswa yang cerdas, berkualitas, dan bertanggung jawab. Hal itu menunjukkan bahwa guru ikut bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui pendidikan.

“Sebab kesejahteraan guru adalah kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep ini,” imbuh Kadisdik Kabupaten Sumenep ini.

(**/An)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait