Dishub Touna Sosialisasikan Izin Trayek Kapal Tujuan Kepulauan.

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tojo Una Una (Touna) menggelar sosialisasi terhadap penetapan rekomendasi izin Trayek tetap dan teratur (linear).

Pertemuan tersebut digelar di gedung terminal penumpang kantor unit penyelenggara pelabuhan Ampana kecamatan Ratolindo, jumat (10 /1/2020).

Penetapan izin Trayek ini untuk kapal cepat KM Manu Manu Kindea dan KM Banawa Nusantara 78 yang akan difungsikan sebagai angkutan laut pelayaran Rakyat (Pelra) yang akan melayani konektivitas antar wilayah Kabupaten Touna.

Penetapaan Trayek untuk kapal cepat KM Manu Manu Kindea adalah pelabuhan laut Ampana, pelabuhan laut desa katupat, pelabuhan, pelabuhan laut malengge, pelabuhan pulau papan desa Kadoda, pelabuhan desa kaliaa, pelabuhan Desa Pautu, pelabuhan desa tutung, pelabuhan desa kolami, pelabuhan laut pasukan dengan jadwal berangkat setiap hari senin rabu dan sabtu,sebaliknya dari pelabuhan laut pasukan – pelabuhan laut Ampana pada hari selasa Kamis dan minggu.

Kepala Dinas Perhubungan Rizal C Panjili didampingi sekretaris Dishub Mohamad Huffaz mengatakan transportasi adalah visi dari pemerintah pusat presiden Republik Indonesia joko widodo.

” aksesibilitas transportasi di Indonesia ini harus kita dorong, baik transportasi darat, laut dan udara, makanya ada program pemerintah transportasi laut yang namanya Tol laut” ujar Kadis Dishub.

Lebih lanjut Kadis Dishub menyampaikan , dengan adanya program pemerintah yang harus didorong maka kita punya satu kapal lagi yang sudah melapor ke Dishub untuk meminta Trayek.

” setelah kita melakukan kajian dan evaluasi , ternyata Trayek itu sangat penting, karena ada satu desa di kawasan talatako yang tidak tercover atau tidak masuk didalam Trayek atau rute Kapal kapal kita,” ucap Rizal panyili.

Menurut Kadis Dishub, Dengan adanya tambahan izin Trayek kapal cepat maka akan mengatur jadwal dan rute ke beberapa desa yang sebelumnya belum terjangkau transportasi laut.

Bahkan Kedepan nanti, kata kadis Dinas Perhubungan Kabupaten Tojo Una Una akan mengatur ada pelabuhan khusus pariwisata dan penumpang umum.

Kadis Dishub Rizal Panjili berharap, dengan tambahan Kapal cepat milik swasta KM Manu Manu Kindea bisa beroperasi secara maksimal.

” kita berharap, kapal ini dapat membantu kita semua, dengan catatan tidak saling mengganggu kapal kapal lain yang sudah ada , karena ketika banyak kapal maka masyarakat juga punya pilihan, mau cepat, mau nyaman” kata Rizal panyili.

Menurut kadis Dishub, dengan pelayanan yang bagus dan maksimal maka penumpang akan bersimpati untuk berangkat dengan kapal yang menjadi pilihannya.

Ditambahkan Irwan ,ST Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Tojo Una Una bahwa dengan tambahan kapal cepat swasta dan kapal milik pemda akan memperlancar jalur perhubungan laut menuju kawasan destinasi wisata kepulauan Togen.

“Mensukseskan visi misi Bupati Tojo Una Una mewujudkan Tojo Una Una Hebat dalam bidang Maritim, Pariwisata dan Pertanian” kata Irwan ST.

Hadir dalam Pertemuan ini, Kepala Syahbandar,Pol Air Polda sulteng pos Ampana , Danpos TNI Angkatan Laut, Kepala pos pengamanan Kp3, dan perwakilan Pemilik Kapal dan para Juragan Kapal dan Nahkoda kapal (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *