Dishub Tulungagung Luncurkan Aplikasi Bandrol PKB

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-817, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar kegiatan pelayanan publik.

Seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Tulungagung yang memiliki tempat pelayanan, mengikuti kegiatan gelar pelayanan publik tersebut.

Acara ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka untuk menyambut Hari Jadi Tulungagung Ke-817.

Acara gelar pelayanan publik (GPP) bertempat, di Gelanggang Olahraga (GOR) Lembu Peteng dan dilaksanakan selama 3 hari. Mulai tanggal 15-17 November.

Salah satu yang mengikuti acara pelayanan publik yaitu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung, dengan memamerkan aplikasi terbaru yang diberi nama “Bandrol PKB”.

Dishub sebagai salah satu perangkat daerah penyelenggara layanan, berpartisipasi dengan memamerkan aplikasi berbasis digital miliknya.

Aplikasi ” Bandrol PKB ” resmi diluncurkan dan Launching secara langsung oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang didampingi Kadishub Galih Nuswantoro .

Kadishub Galih Nuswantoro mengatakan bahwa, Bandrol PKB merupakan singkatan dari bayar dan daftar secara online pajak kendaraan bermotor. Pajak disini maksudnya, pemeriksaan kendaraan yang masuk dalam uji KIR.

“Layanan Bandrol PKB ini, bisa diakses langsung di gawai masing-masing masyarakat dengan mendownload di app store atau play store. Kemudian setelah mendownload aplikasi, pemilik kendaraan bisa isi form yang telah disediakan dan akan menerima notifikasi,” kata Galih, Rabu, (16/11/2022).

Selain itu, paparnya, untuk pembayaran, bisa dilakukan secara online, menggunakan M-Banking atau quick response code Indonesian Standard (QRIS).

“Jadi layanan ini bisa mempermudah dan mengefisiensikan dan waktu pemilik kendaraan yang hendak uji KIR,” paparnya

Menurutnya, kelebihan menggunakan Bandrol PKB, untuk meminimalisir terjadinya pungutan liar ( pungli) saat pelaksanaan uji KIR.

Galih juga menambahkan, saat ini program Bandrol PKB tengah memasuki tahap sosialisasi ke masyarakat luas. Namun ada beberapa uji coba kepada pemilik kendaraan bermotor langsung dan hasilnya bisa dibilang sangat memuaskan.

“Surat keputusan (SK) pak Bupati keluar baru bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung tanggal (18/11/2022),” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait