Diskes Lantamal V Ajak Personel Lantamal V Senam Sehat Prolanis

  • Whatsapp

Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL (Diskes Lantamal) V Surabaya ini mengajak seluruh personel Lantamal V untuk melakukan Senam Sehat Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang dilaksanakan di lapangan apel Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Jum’at (24/2).
Tampak hadir Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E. para Asisiten Danlantamal V, Para Kepala Dinas dan perwira staf dijajaran Mako Lantamal V lainnya.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Lantamal V Kolonel Laut dr. Pudji Widodo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari Binpers Fungsi Komando tentang kesehatan yang digelar Kamis kemarin. Kegiatan Senam Sehat Prolanis merupakan salah satu bentuk kerjasama Diskes Lantamal V dengan BPJS. Pelaksanaan senampun dilaksanakan berbarengan dengan hari olahraga di TNI AL, Selsa dan Jumat, sebelum olahraga pagi rutin di satuan.
Secara spesifik lanjt Pudji –sapaan akrab Kadiskes Lantamal V Lantamal V ini- menyampaikan bahwa Senam Sehat Prolanis ini ditujukan untuk membantu seluruh anggota, terutama yang menderita penyakit-penyakit kronis agar sehat kembali.
“Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien,” terangnya.
Tujuan dilaksanakannya Prolanis ini lanjutnya, adalah untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik”. Hasil tersebut dilihat dari pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait, sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.
“Sasaran dari Prolanis ini adalah Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakitkronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi),” kata Pudji, sambil menambahkan sambil berharap dengan kegiatan Senam Sehat Prolanis dapat dilaksanakan secara rutin.
Dalam acara Senam Sehat Prolanis, pihak panitia sengaja mendatangkan pemandu senam mbak Khoiroh Fanny dari dari JJ Angel. Selesai melaksanakan Senam Sehat Prolanis seluruh anggota yang bermasalah dengan kesehatannya diberikan kesempatan untuk mengikuti edukasi kesehatan dengan nara sumber dr Tjut Nita Zahara yang dilaksanakan di ruang pertemuan Jala Denma Lantamal V. Edukasi Kesehatan ini diikuti oleh 52 orang,

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *