DKP Bersama TP PKK Tulungagung, Salurkan Bantuan Bahan Pangan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengadakan kegiatan pembagian bantuan kepada balita stunting, balita kurang gizi dan balita gakin untuk penanganan kerawanan pangan.

Kegiatan pembagian bantuan untuk balita diadakan di dua Desa yakni, Desa Wates dan Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Selasa, (26/07/2022).

Hadir dalam acara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agus Suswantoro, S.Sos,M.Si, Ketua TP PKK Siyuk Maryoto Birowo, Camat Sumbergempol Drs. Mundiyar, Kepala Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, serta penerima bantuan untuk balita.

Acara diselenggarakan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan akibat dampak pandemi Covid-19, dengan dukungan lintas program dan lintas sektor serta lintas Instansi untuk percepatan penurunan Stunting.

Kadis DKP Agus Suwantoro menyampaikan, bantuan diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Pemberian bantuan diharapkan dapat membantu percepatan penurunan stunting, balita kurang gizi, dan balita gakin. Bantuan untuk balita sesuai Instruksi dan Peraturan Presiden No 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting,” ucap Agus.

Menurut Agus, bantuan hari ini diberikan kepada empat Desa yaitu, Desa Wates, Desa Trenceng, Desa Bendilwungu dan Desa Tambakrejo. Namun, ditempatkan di dua Desa Untuk Pembagian.

“Bantuan yang diberikan kepada penerima berupa bahan pangan yaitu, 6 kg beras Fortivit, 2 kg telur, 2 kg gula pasir, 1 botol kecap manis,” terang Agus.

Agus menambahkan, rincian bantuan bahan pangan ditujukan untuk empat Desa, Desa Wates sebanyak 41 anak, Desa Trenceng 21 anak, Desa Bendilwungu 42 anak, dan Desa Tambakrejo 26 anak.

Dinas Ketahanan Pangan Berharap, kedepan, setiap Dinas yang ada di Tulungagung membuat kegiatan yang sama, membantu keluarga balita stunting.

“Setiap Dinas diupayakan mengadakan program seperti ini, kegiatan prioritas untuk meningkatkan ekonomi produktif keluarga stunting,” tutup Agus.

Sementara itu, Camat Sumbergempol Mundiyar mengatakan, terima kasih Kepada DKP telah memberikan bantuan.

“Terima kasih kepada DKP dan Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung yang telah memberikan bantuan kepada balita Stunting, balita gizi buruk, balita gakin, yang ada di wilayah kami,” ungkap Camat.

Kegiatan seperti ini, menurut Mundiyar sangat membantu warga, selain ekonomi yang belum stabil, juga dampak wabah covid-19 yang terjadi beberapa tahun terakhir masih terasa.

“Dampak wabah covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah. Sehingga, bantuan yang diberikan seperti sekarang sangat membantu mereka yang membutuhkan,” Pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait