Doa Masyarakat Hindu Tamil Untuk Presiden Jokowi

  • Whatsapp

Kuala Lumpur, beritalima.com| Seorang relawan Jokowi Centre, Narain Sami, tokoh masyarakat Hindu Tamil Indonesia asal Medan menyampaikan doa khusus untuk Presiden, agar berhasil menjalankan dalam menjalankan roda pemerintahan pada periode 2019-2024.

Doa ini disampaikan pada acara besar keagamaan hindu yaitu Thaipusam yang merupakan upacara kebesaran Dewa Muruga yang di selenggarakan di kuil Dewa Muruga, sebuah kuil termegah dan terbesar di Asia Tenggara, di Batu Cave, Kuala Lumpur, 08 Februari 2020, yang dihadiri ratusan ribu umat Hindu, dari berbagai belahan dunia.

Dalam proses upacara dan doa ini, Narain Sami melakukan ritual Tusuk Lidah dan berdiri diatas sepatu anni (sandal berisi paku tajam), kemudian menaiki 272 anak tangga tanpa alas kaki menuju puncak bukit Batu Cave. Ritual kemudian diselesaikan di hadapan Dewa Muruga. “Sebelum menjalankan ritual ini seseorang harus menjalankan puasa vegetarian selama 2 bulan, dan wajib menjaga perilaku dan berbuat baik kepada sesama manusia”, tutur Narain menjelaskan.

Niat doa ini telah dilakukan 2 bulan sebelum PILPRES 2019 yang lalu, kepada Ketua Harian Jokowi Centre Sahat M Lumbanraja. Menurut Narain, yang pernah menjadi Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia(PHDI) Prov Sumut, 3 periode (2001-2016), Doa ini wujud dari kecintaan masyarakat Hindu Tamil kepada bangsa Indonesia, khusus Presiden Ir Joko Widodo. “Kami mendokan bapak Presiden/ Wapres dan para Menterinya dapat menjalankan pemerintahan pada periode ke dua lebih baik dari sebelumnya, dimana rakyat lebih sejahtera. Indonesia aman, damai dan dijauhkan dari bencana alam,” tutur Narain.

Sebagai tokoh masyarakat Hindu Tamil Indonesia, Narain menyampaikan permintaan khusus , “Kami sudah lama berjuang agar hari raya umat Hindu, Depawali dapat dijadikan hari libur nasional. Usulan ini sudah kami perjuangkan sejak tahun 90 an, namun sampai saat ini belum terwujud. Semoga dimasa pemerintahan Jokowi, harapan ini bisa terwujud,” ujar Narain melalui telepon. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait