Dokter, Jenis Masker Covid Yang Bagus Yang Mana?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Mengenai pemakaian mas ker seseorang sangat tidak displin ada yang madker hanta tutuomhidung tapi mulut bebas,ada yang tutup mulut tok tapi hidung bebas dan ada memakai 8nsidentail buka nasker dan tutup lagi,pokoknya aneh, di masa reda ini bahkan banyakntak pakai masker dan untuk di Eropah now sudah banyak bebas
Di Era Pandemi yang brrkepanjangan semua orang memakai masker yang beraneka ragam macamnya ada masker K96 , ada medis ada scuba ,ada bentuk kupu kupu dan pemakaian beraneka ragam, ada yang cuma hidung ditutup mulut buka lebar .ada yang mulut ditutup hidung buka lebar.pokoknya lucu deh ,dan masker ada yang dipasang dan digunakan sampai rusak baru diganti sampai bau mulut keluar baru ganti baru.coba anda lihat ada edukasi di Tv Metro mengajak metode penggunazn masker yang tepat dan brrmanfaat.

Presiden Jokowi menghimbau bahwa setiap rakyat Indonesia wajib memakai masker yamg berdisplin di era pandemi yang tak berkesudahan demi mencegah infeksi virus melalui inhalasi pada udara bebas untuk itu kamii turunkan artikel ini untuk dipedomani “Pemakaian masker yang berdisplin untuk menangkap virus corona dan infeksi lainnya……Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengungkapkan dalam rangka melawan varian delta yang tinggi tingkat penularannya, masyarakat diminta untuk memulai kebiasaan memakai dua masker atau masker ganda (double masking).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dokter Derek Chu dan koleganya yang terbit pada 1 Juni 2020 menemukan bahwa memakai masker menurunkan risiko tertular melalui percikan air atau droplet dari orang lain yang masuk ke mulut atau hidung.pemakaian masker kain akan menurunkan risiko tersebut hingga 45%, sedangkan dengan masker bedah atau masker medis bisa menurunkan risiko hingga 70%, sehingga terbukti efektif.begitupula MetroTV mengajari tayangan setiap siaran untuk mengingat kita ca ra memakai masker yang benar dsn berdisplin, ikuti ajakan dengan benar silahkan….!

Penelitian Dr. Emily Sickbert Bennet dkk, membuktikan filtrasi masker dobel naik di atas 80%,” Filtrasi atau daya saring masker akan semakin tinggi penelitian penggunaan masker kain dan masker medis secara bersamaan, juga telah mendapatkan konfirmasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC di Amerika Serikat.Eksperimen tersebut menyoroti pentingnya memaksimalkan fungsi masker menutupi bagian hidung dan mulut. Hasilnya menunjukkan bahwa mengenakan masker yang pas dan benar di wajah dapat membantu membatasi penyebaran virus penyebab Covid-19.

JENIS MASKER YANG SERING DIGUNAKAN SEHARI HARI
1. Masker N95
2. Masker bedah
3. Masker KN95 atau KF94
4. Masker dobel
Penelitian CDC menemukan bahwa mengenakan masker kain di atas masker medis alias penggunaan masker ganda dapat meningkatkan kesesuaian masker medis di wajah.Masker medis secara substansial mengurangi tetesan droplet. Sedangkan pemakaian masker kain yang lebih erat dan pas di wajah, tanpa ada ruang yang terbuka, akan dapat menahan paparan partikel aerosol yang mungkin ada pada saat pemakainya berada di dalam ruang tertutup bersama dengan orang lain.

JENIS & TIPE MASKER :
1. Masker Bedah (Masker Ojol)
2. Masker N953. Masker
3 M Triguard
4. Sensi Duck Bill 3 Ply Earloop Surgical Face Mask
5. Evo Med+ 3 Ply Earloop Mask
6. Glitex
7. VFlex N958
8. Masker Sritex
9. Masker GT Man
10. Unicharm Protect Pollution Mask
11. Masker KF94

Penggunaan masker itu disarankan untuk semua orang, baik yang sudah divaksin ataupun yang belum divaksin. Tidak hanya di luar ruangan, usahakan untuk tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan yang lain saat Anda berada dalam ruangan. Apalagi, jika orang-orang yang Anda temui belum mendapat suntikan vaksin Covid-19.
CARA MEMAKAI MASKER YANG BENAR:
1. Cuci tangan sebelum memegang masker.
2. Sisi yang keras dan bisa ditekuk berada di atas.
3. Pastikan masker tidak sobek.
4. astikan sisi berwarna di bagian luar.
5. Jangan hiraukan hoax yang mengatakan bahwa masker perlu dibalik.
6. Pekan sisi atas masker agar bentuknya menyesuaikan hidung.
7. Atur sisi bawah menutupi dagu untuk meminimalisasi celah yang terbuka.
8. Ganti masker sesering mungkin.

Meskipun vaksinasi sudah dilakukan, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona COVID-19 serta berbagai varian virus yang ada. Setidaknya dengan masker diri kita bisa mengurangi penularan varian Delta, lambda, dan varian COVID-19 lainnya seperti halnya untuk virus COVID-19 asli. Bahkan masker juga wajib dipakai walau sudah divaksin.
Jadi masker jenis apa yang terbaik ? Jawab adalah semua jenis itu terbaik yang penting harus berdisplin pakai dan setap 4 jam perlu diganti dengan cara penggunaan yang tepat yakni mulut dan hidup tertutup rapat, masker yang pernah tertetes air maupu keri gat juga harus segera digsnti yang baru.Gunakan mas
ker yang berdisplin rajin ganti sebelum di buang ke sampah perlu digunting dulu.
RobertoNews 1600《28.9.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait