Donor Darah Untuk Apa!!!

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Saudara. 17 September adalah Hari Palang Merah Indonesia yang ke-77 .PMI adalah salah satu organisasi bergerak di bidang sosio- kemanusian menghimbau bahwa marilah menyumbang darah atau disebut Donor Darah untukemanusiaan.Donor darah merupakan kegiatan ketika Anda bersedia memberikan darah kepada seseorang secara sukarela. Darah Anda bisa sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan banyak darah saat operasi, terluka, atau memiliki penyakit tertentu, seperti anemia, leukimia, atau thalasemia.

Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsun

Darah kita akan disedot sebanyak sekitar 470 ml. Kita tidak perlu khawatir akan kekurangan darah, karena secara alami tubuh akan memproduksinya kembali setelah pengambilan darah. Biasanya volume darah Anda akan kembali seperti semula setelah beberapa minggu pasca donor darah.Donor darah bisa lakukan kembali 3 bulan (pria) dan 4 bulan (wanita) setelah donor darah terakhir.
Perempuan yang sedang menstruasi masih dapat menjadi seorang pendonor jika tidak merasa sakit atau atau memenuhi standar hemoglobin yang dianggap aman saat melakukan donor darah. Pendonor darah yang sedang menstruasi dapat ditangguhkan jika mengalami perdarahan menstruasi yang berlebihan dan memiliki kadar hemoglobin yang rendah.

MANFAAT DONOR DARAH BAGI KESEHATAN
1 .Membantu menyelamatkan nyawaBanyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.
2.Meningkatkan produksi sel darah merah
Meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.
3.Menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancarManfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.
4.Memperpanjang usiaTernyata, manfaat donor darah tidak hanya memberikan kesehatan fisik, batin kita pun menerima manfaatnya. Berbuat baik membuat kita hidup lebih lama. Menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun.

SYARAT BAGI PEDONOR
1.Pendonor berusia 17 hingga 70 tahun sehat jasmaniah dan rohaniah
2.Berat badan minimal adalah 45 kg
3 Tensi di bawah 180 / 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi.
4.Tensi 90/50 (aman bagi orang tekanan darah rendah)
5.Hb 12,5-17 gr/ dl

KONDISI PENYAKIT YANG TIDAK BOLEH SEBAGAI PEDONOR
1.Menderita diabetes.
2.Menderita kanker.
3.Mengidap penyakit jantung dan paru-paru.
4.Memiliki tekanan darah tinggi.
5.Menderita epilepsi atau sering kejang-kejang.
6.Mengidap penyakit menular seperti sifilis, HIV/AIDS, flu, hepatitis B dan/atau C.
7.Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
8.Memiliki gangguan perdarahan seperti hemofilia.
9.Pernah menjadi pecandu narkoba atau minuman keras.

Syarat apa yang diperhatikan SEBELUM dan SESUDAH Donor Darah?
1.Kondisi tubuh sedang prima sebelum melakukan donor darah.
2.Konsumsi makanan yang sehat sebelum pengambilan darah dilakukan.
3.Hindari makanan berlemak karena bisa memengaruhi kualitas darah Anda
4.Minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan
5.Tidur yang cukup pada malam hari sebelumnya.
6.Tidak melakukan aktivitas fisik yang berat
7.Mengonsumsi minuman keras pada satu hari sebelum melakukan donor darah.

LANGKAH PASCA DONOR DARAH
1.Jangan melepas plester pada area suntikan selama enam jam ke depan.
2.Jangan merokok selama dua jam setelah donor darah.
3.Hindari mengangkat barang-barang yang berat.
4.Banyak minum air putih.
5.Konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan atau daging merah.

KESIMPULAN:
Walaupun setiap tahun 14 Juli adalah Hari Donor Darah Sedunia.dan 17 September adalah HARI PMI Namum kegiatan sosial donor darah bisa dilakukan setiap saat.Datanglah ke PMI atau rumah sakit terdekat dimana anda tinggal Karena banyak sekali manfaat donor darah yang bisa kamu dapatkan.Pada dasarnya donor darah adalah tindakan medis yang aman sebagaimana kami uraikan di atas.Kebanyakan orang tidak merasakan efek samping setelah melakukan donor darah. Namun, ada kemungkinan bahwa anda akan mengalami rasa sakit ringan, seperti memar pada daerah pengambilan darah, pusing, lemas, atau nyeri pada lengan. jika Anda merasa ada perubahan kondisi tubuh setelah donor darah.segera konsultasi kedokter. Wujudkan Kecintaan Anda,Buktikan Anda Peduli, Setetes Darah kita sangat berarti bagi orang lain,
Sekilas info, Semoga bermanfaat!
RobertoNews 1416 《11.5.22(07.00)》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait