DPRD NTT Usulkan Pembentukan Polres Malaka

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – DPRD NTT meminta Kapolda NTT untuk membentuk Polres Malaka dan Polsek di beberapa kecamatan Kabupaten Belu. Mengingat kabupaten Malaka adalah merupakan salah satu daerah perbatasan darat dengan Negara Timor Leste.

“ Hingga saat ini, kabupaten Malaka belum miliki Polres. Dan juga Polsek di beberapa kecamatan perbatasan di kabupaten Belu, yaitu kecamatan Lamaknen Selatan dan Kecamatan Nanaet Duabesi. Karena itu, DPRD meminta Kapolda NTT mengusulkan ke Mabes Polri untuk membangun Polres Kabupaten Malaka dan Polsek di kecmatan yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste,” kata Ansel Tallo dalam Rapat Paripurna DPRD NTT, Jumat (11/1).

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno tersebut, dihadiri Wakil Gubernur NTT, Joseph Nae Soi, Forkopimda, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov NTT.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules A. Abast usai menghadiri acara Penutupan Masa Persidangan III Tahun 2018 dan Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2019 mewakili Kapolda NTT mengatakan, Polda NTT telah mengusulkan pembentukan Polres di beberapa kabupaten di NTT.

“ Usulan pembentukan Polres dan Polsek kita masih mengkaji, tentu perlu dukungan dari Pemerintah Pusat. Disamping itu, juga perlu dukungan dari pemerintah daerah kabupaten dan Pemprov NTT,” kata Jules menambahkan.

Dengan adanya usulan pembentukan Polres baru oleh DPRD NTT, lanjut Jules, Polda NTT mendukung hal itu. Karena saat ini, dari 22 kabupaten kota di Nusa Tenggara Timur, Polda NTT baru memiliki 16 Polres jajaran. Polres jajaran itu, yaitu Polres Kupang Kota, Polres Kupang, Polres Timor Tengah Selatan, Polres Belu, Polres Manggarai Barat, Polres Manggarai, Polres Ngada, Polres Ende, Poltes Sikka, Polres Flores Timur, Polres Lembata, Polres Alor, Polres Rote Ndao, Polres Sumba Timur dan Polres Sumba Barat.

Dan masih enam kabupaten yang belum dibangun Polres, yaitu Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sabu Raijua, Manggarai Timur, Nagekeo, dan Kabupaten Malaka yang merupakan daerah perbatasan dengan Negara Timor Leste.

“ Enam kabupaten yang belum miliki Polres, Polda NTT sudah mengusulkan ke Mabes Polri. Ini tergantung kesiapan atau anggaran yang ada. Disamping itu, juga membutuhkan sarana – prasarana, baik kendaraan roda empat, mobil truck, kendaraan roda dua untuk Bhabinkamtibmas dalam menjangkau desa – desa,” ujarnya. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *