DPRD Padang Akan Pilih Pimpinan Bapemperda & BK Periode 2017-2019

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima — DPRD Kota Padang melaksanakan dua agenda sekaligus, yakni paripurna pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Padang (Badan Pembentukan Peraturan Daerah/Bapemperda) dan pemilihan anggota Badan Kehormatan (BK) serta penetapan ketua dan wakil ketua Bapemperda dan BK DPRD Padang periode 2017 – 2019 pada Selasa 7 Maret 2017.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Ali Basar membenarkan, dua agenda tersebut akan dilaksanakan dalam rapat paripurna, Selasa, 7 Maret 2017. “Pada pemilihan Alat Kelengkapan Dewan itu terlebih dahulu dilakukan pemilihan anggota Bapemperda, selanjutnya baru dilaksanakan pemilihan anggota BK DPRD Padang,” ujar Sekwan yang akrab dipanggil AB tersebut dari ruang kerjanya, Senin (6/3/2017).

Ketua Fraksi PAN Padang Masrul Rajo Intan mengatakan, untuk pemilihan Bapemperda dan BK memang dilakukan untuk masa periode sekali 2,5 tahun. Untuk periode kali ini masa jabatan 2017 hingga 2019. Pada pemilihan nanti, akan ada usulan dari masing – masing fraksi. Dari fraksi di DPRD Padang yang beranggotakan 6 orang akan mengutus 2 orang. Sedangkan fraksi yang beranggotakan 5 dan 4 akan mengutus 1 orang saja. Nantinya dari sembilan fraksi yang ada akan mendapatkan 12 orang yang akan langsung memilih ketua dan wakil ketua Bapemperda.

“Sementara untuk pemilihan Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Padang, dari sembilan fraksi akan mengutus satu orang. Dari sembilan orang anggota dewan tersebut akan dipilih lagi oleh seluruh anggota DPRD Padang (45 orang). Suara terbanyak untuk lima orang yang akan menjadi anggota BK,” kata Masrul.

Lebih lanjut disampaikan, setelah nantinya diperoleh lima orang anggota dewan dengan suara terbanyak yang dipilih oleh seluruh anggota dewan termasuk pimpinan, maka untuk pemilihan ketua dan wakil ketua BK, akan ditentukan oleh lima anggota dewan yang terpilih tersebut. “Mudah -mudahan dengan dilakukannya pemilihan pimpinan AKD yakni Bapemperda dan BK DPRD Padang periode 2017 – 2019 ini, ke depannya semuanya bisa berjalan sesuai tupoksi kedewanan, amanah bisa bertanggung jawab dalam menjalankan kinerja di lembaga,” harapnya. 

(pdm/bim/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *