DPRD Padang Keluhkan Banyaknya Bangkai Kapal Bersandar Merusak Keindahan Batang Arau

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima — Kawasan  Wisata Terpadu (KWT)  di Sungai Batang Arau Muara Padang, Sumatera Barat menjadi  terganggu  lantaran adanya kapal tundo, perahu nelayan dan kapal pesiar  yang dibiarkan menjadi bangkai  dan puing-puing di bantaran sungai Batang Arau.

Padahal sebagai  salah satu program unggulan, kawasan yang terletak di Kecamatan Padang Selatan itu sudah mulai ditata. Seperti trotoar, lampu taman dan pedestrian. Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat  membangun pedestrian atau tempat berjalan guna mempercantik pantai di daerah tersebut.

Menurut Iswanto Kwara, anggota Komisi III DPRD Padang,  bangkai  dan puing itu  memang mengganggu keindahan kawasan Batang  Arau. “ Harusnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Disbudpar)Kota Padang bisa berkoordinasi dengan Balai Sungai Wilayah V, Pelindo, Dinas Kelautan agar bisa mengakomodir kawasan sungai muaro padang, ” ujarnya, Senin (16/1/2017) di ruang kerjanya.

Sejak Februari  2016.  kata Iswanto, pemko  Padang  sudah pernah melakukan kesepakatan dengan dinas terkait untuk penggeruk kawasan Sungai  Batang  Arau namun kenyataannya  hingga kini Januari  2017 belum juga terlaksana.

“Dinas Pariwisata juga harus memikirkan bangkai kapal yang dibiarkan begitu saja di bantaran sungai batang arau. Disana adalah Kawasan Wisata Terpadu. Dinas terkait harus bisa memberikan teguran jika memang kondisi kapal sudah tidak bisa digunakan lagi. Pemilik kapal harusnya juga harus sadar kalau karena bangkai itu akan merusak pemandangan, ” pungkas anggota Fraksi PDIP DPRD Padang itu.

Sementara Wakil Ketua Komisi I DPRD Padang, Wismar Panjaitan mengatakan, pemilik kapal harus bisa menjaga lingkungan disana. Bangkai kapal yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya juga bisa menganggu kapal opersional, transportasi air, serta mengganggu pemandangan pariwisata dikawasan tersebut.

Lebih lanjut katanya, Dinas terkait harus bisa memastikan  surat izin kapal yang ada disana. Bila tidak ada izin jangan dibiarkan kapal – kapal tersebut bersandar dikawasan Sungai Muaro Padang. Bagi pemilik yang tidak mengindahkan teguran dari dinas terkait harus dilakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku. Pemerintah berhak memusnahkannya. .

Hal senada juga disampaikan,Delma Putra anggota Komisi II DPRD Kota Padang. Menurutnya,  pemilik kapal harusnya bisa menjaga lingkungan sungai dikawasan itu. “Jika memang sudah tak layak lagi, kapal itu kan bisa di bongkar, papan, besi atau puing kapal bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Pemilik kapal jangan sembarang tempat membiarkan kapal mereka yang bisa mengganggu pemandangan wisata di kawasan Muaro Padang, ” tutup Wakil ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang itu. 

(pdm/bim/rki).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *