DPW AJH dan DPD KNPI Sumut Gelar Diskusi Publik Bersama Komisi Kejaksaan RI

oleh -7 views

MEDAN, Beritalima.com | Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dan Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Sumut bekerjasama dengan Fakulitas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara, menggelar Diskusi Publik Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional, Selasa (10/12/2019) di Aula Ruang Sidang FISIP Kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Adapun kegiatan ini mengangkat tema “Hari anti korupsi Momentum Pemberantasan Korupsi Indonesia” yang dihadiri Ketua Komisi Kejaksaan Rebublik Indonesia, Dr Barita Simanjuntak, selaku narasumber.


Ketua Komisi Kejaksaan Rebublik Indonesia, Dr Barita Simanjuntak, SH,MH, DFr, A, dalam sambutanya mengatakan Untuk memperkuat penegak hukum yang berkeadilan, maka interigitas peradilan pidana sekarang ini juga di integrasikan
atau diperkaya dengan pendekatan- pendekatan lain, agar tercipta keadilan.

“Itulah sebabnya apa yang kita bicarakan sekarang kalau kita berada didalam, semangat membrantas korupsi. Maka pemberantasan dan pencegahan korupsi juga mengalami perubahan juga mengalami cara yang baru, paradigma yang baru dan cara pandang baru, profestik baru untuk dimaknahi norma-norma hukum,” kata Dr Barita Simanjuntak.

Hal ini tujuannya adalah bagaimana masyarakat, bagaimana negara mencapai tujuanya dengan baik dan memperhatikan hukum pidana.

“Itu cara mahkamah konsentusi tentang delik tindak pidana krorupsi menjadi delik materi bukan korwil justru dengan satu sisi akan menimbulkan kerja ekstra bagi penegak hukum tapi pada sisi lain itu akan menunjukan dan meningkatkan kompotensi penegak hukum yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Peradi Medan, Charles JN Silalahi, mengucapkan terima kasih atas kegiatan diskusi publik dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi.

Ketua DPW AJH Sumut, Irwan Ginting, SH, diskusi ini terlaksana mengingat Propinsi Sumatera Utara terkorup.

“Untuk itu lembaga Aliansi Jurnalis Hukum untuk lebih melakukan pengawasan sesuai dengan pungsinya peran serta masyarakat dan semua jajaran hari ini dari mulai tingkat pimpinan wilayah DPW dan DPD juga menghadiri acara ini,” ujarnya.

“Hal ini guna memahami penjelasan – penjelasan yang disampaikan nara sumber yang kita undang yaitu Ketua Komisi Kejaksaan Rebublik Indonesia, Dr Barita Simanjuntak,” ungkap Ketua DPW AJH Sergai.

Turut hadir Ketua DPW AJH Sumut,Irwan Ginting, SH, perwakilan DPD AJH Siantar, Dumariah Sihombing, DPD AJH Simalungun, Esmanto Hutabarat, DPD AJH Sergai, Arman didampingi Sekretaris Azwen Fadly SH dan DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan, Ketua Komisi Kejaksaan Rebublik Indonesia, Dr Barita Simanjuntak, SH, MH, DFr, A, Ketua PERADI Medan, Charles JN Silalahi, SH,Mj, Ketua Panitia Felix Sidabutar, Asintel Pengawasan dan bagian Pengawasan Sumut.(Budi)