Dukung BUSS, LaNyalla Berharap Varietas Tanaman Lokal Bersaing Secara Global

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung pengujian BUSS yang dilakukan Kementerian Pertanian di Kebun Pemeriksaan Subtantif Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) Dataran Rendah Mojosari, Kabuaten Mojokerto, Jawa Timur. Pengujian BUSS meliputi unsur Baru, Unik, Seragam dan Stabil.

LaNyalla berharap pengujian BUSS bisa membantu meningkatkan kualitas varietas tanaman lokal agar bisa bersaing secara global. “Perlindungan varietas tanaman diharapkan salah satu indikator produk pertanian kita mampu bersaing di dunia global dengan menerbitkan sertifikat Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT),” tutur LaNyalla.

Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur itu, menilai uji BUSS dan setifikat PVT sangat penting. “Apalagi produksi pertanian kita disebut-sebut masih kalah jauh dari Vietnam, baik dari kuantitas maupun kualitas. Dan juga masih kalah dari Jepang, Korea, China dan Amerika,” kata dia dalam keterangan pers yang diterima awak media, Senin (12/4).

Karena itu, LaNyalla berharap, uji BUSS bisa mendorong tumbuhnya varietas baru dan unggul. “Sudah saatnya kita mampu berdikari memiliki benih unggul sendiri yang dikembangkan sendiri dan kita lepaskan ketergantungan menggunakan benih dari negara lain,” tutur dia.

Menurut LaNyalla, Indonesia memiliki berbagai jenis varietas yang bisa dikembangkan menjadi benih unggul. “Asalkan ada kemauan kuat dan bangga menggunakan benih lokal, varietas tanaman kita pasti akan terus berkembang,” demikian AA LaNyalla Mamud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait