Dukung Zero Stunting, RSIA Ini Gratiskan Skrinning Tumbuh Kembang Anak

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memperingati hari jadinya ke-19, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Lombok Dua Dua Surabaya gelar rangkaian acara selama Mei 2023. Puncak rangkaian acara digelar Minggu (21/5/2023) berupa kegiatan sosial gratis USG dan skrinning tumbuh kembang anak.

Beragam kegiatan lainnya meliputi kontes foto yang mengangkat tema “The Beauty of Motherhood”, senam hamil dengan harga spesial Rp19,000,-, penawaran diskon dan bingkisan bagi pasien, donor darah bagi karyawan dan umum.

Program USG diikuti 19 ibu hamil yang terpilih melalui sosial media Instagram @lombokduadua. Dalam program ini para ibu hamil diberikan layanan konsultasi serta skrininng USG bersama Dokter Spesialis Kandungan dari RSIA Lombok Dua Dua secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Sedangkan kegiatan skrining tumbuh kembang anak dikhususkan bagi anak usia di bawah 5 tahun yang terindikasi masalah stunting. Untuk kegiatan ini RSIA Lombok Dua Dua bekerjasama dengan Puskesmas Ngagel Rejo, Surabaya.

Kegiatan ini dilakukan pada 20 balita stunting yang bertempat tinggal di sekitar RSIA Lombok Dua Dua, di Jalan Flores No.12 Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Skrinning tumbuh kembang anak ini dilakukan langsung oleh Dokter Spesialis Anak yang berpraktek di RSIA Lombok Dua Dua.

Beberapa aspek yang dinilai pada skrinning tumbuh kembang anak meliputi aspek fisik, yaitu panjang badan, berat badan, lingkar kepala, aspek motorik kasar serta motorik halus hingga aspek berbahasa dan kognitif anak.

“Melalui skrinning tumbuh kembang, dokter akan mencari tahu dulu penyebab serta penyakit bawaan pada anak yang dapat menyebabkan stunting. Sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi untuk menyembuhkan dahulu penyebabnya, baru setelah itu berupaya supaya anak tersebut tidak stunting,” urai dr. M. Nadjib Moein Sp.A, salah satu dokter yang berpatisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan skrinning tumbuh kembang anak bagi balita yang terkena stunting ini sejalan dengan upaya Pemerintah menuju target Zero Stunting 2024 dan Zero New Stunting 2023.

“Kegiatan ini merupakan komitmen dan upaya aktif dari RSIA Lombok Dua Dua untuk memberikan manfaat dalam menangani masalah stunting pada balita yang tinggal di sekitar rumah sakit,” ujar dr. Caesar Ardianto M.Kes, Direktur RSIA Lombok Dua Dua.

“Melalui skrinning tumbuh kembang pada balita stunting, RSIA Lombok Dua Dua juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya nutrisi yang seimbang, perawatan kesehatan yang berkualitas bagi ibu hamil, serta pemantauan tumbuh kembang anak sedari dini,” pungkas dr. Caesar. (Gan)

Teks Foto: Ruang RSIA Lombok Dua Dua di Jalan Flores No.12 Ngagel, Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait