Eksotis Kawasan Wisata Coban Glotak

  • Whatsapp

             Kepala Desa Narto menunjukkan salah satu wisata kebun pinus

Foto: Keindahan Coban Glotak dari jarak 1 KM Pintu Masuk Coban
Foto: Keindahan Coban Glotak dari jarak 1 KM Pintu Masuk Coban

img_20161119_145608

Malangkabupaten,Beritalimacom— Coban Glotak Wisata alam air terjun ini cukup menantang bagi para pecinta alam di Nusantara, dan Wisata yang terletak dilereng gunung Kawi ini bisa dikatakan cukup populer di masyarakat Malang Raya. Air Terjun Coban Glotak ini adalah air terjun di Malang yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Di era tahun 1980 an Coban Glotak juga sudah cukup eksis sebagai salah satu obyek wisata di Kabupaten Malang, bahkan keberadaan Coban Glotak yang masih di kawasan Perhutani dalam teritorial Dusun Bedali, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang mempunyai eksotis alam yang luar biasa.

Sayangnya Jalan desa menuju lokasi wisata Coban Glotak masih kurang memadai, namun upaya perbaikan jalan telah dilakukan sepanjang 2 KM, baru separuh masih dalam kondisi baik, berupa jalan lapen, selebihnya masih jalan makadam.‎

‎Kepala Desa Dalisodo, Narto memaparkan, ‎untuk mengembangkan potensi wisata di Coban glotak pihak desa mencoba mengembangkan lahan desa yang berada di kawasan Coban yang nantinya akan menjadi pendukung obyek wisata Coban Glotak.

“Tanah milik desa seluas 5 hektare nantinya dikelola untuk usaha yang mendukung pengembangan sektor pariwisata dan menjadi bagian dari wisata alam Coban Glotak, sedangkan desa mengembangkan lahan di sekitar Coban dengan membagi-bagi sesuai kepentingan pendukung wisata”, ungkapnya Jum’at (17/11).

Narto menyampaikan, fasilitas yang akan menunjang wisata di kawasan Coban akan dikembangkan saat ini, terdapat lahan seluas 2 ribu meter persegi berupa lapangan untuk latihan olahraga motor trail, dengan sistemnya sewa dengan dikenai biaya perawatan.

“Yang memakai lapangan untuk latihan trail, yang nantinya untuk membayar biaya perawatan lapangan,” paparnya.

Tak hanya itu pengembangan pengembangan potensi wisata, pihak desa untuk memanjakan pengunjung juga menyediakan area perkemahan yang dikelola oleh Karang Taruna Desa Dalisodo.

“Saat ini Karang Taruna yang juga ikut mengelola parkir di wisata Coban Glotak, yang bekerjasama dengan Perhutani,” imbuhnya.‎

Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas, yang saat ini sudah dikembangkan adalah wisata petik jeruk, wisata petik jambu, petani penyewa lahan telah melakukan penanaman jeruk manis, dan wisata petik jambu pada saat berbuah, agar wisatawan yang datang ke Coban Glotak dapat berkunjung bisa menikmati wisata.

“Hal itu kami masih lakukan agar mampu meningkatkan PADes, yang saat ini dalam proses menyusun dan berembug bagaimana pengelolaannya dengan melibatkan warga masyarakat, bahkan kami juga akan bekerjasama dengan dinas Pariwisata untuk membimbing kami bagaimana mengelola kawasan potensi wisata di wilayah Dalisodo, ” ujarnya. [Sn]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *