Faldo Andreo, Arek Suroboyo Penerima 10 Penghargaan Arsitektur Internasional

  • Whatsapp

SEOUL, beritalima.com | Desainer muda asal Surabaya kembali berprestasi dan harumkan nama bangsa di dunia internasional. Setelah mendapatkan 5 penghargaan tingkat dunia di bidang desain arsitektur pada 5 tahun silam, Faldo Andreo kini raih penghargaan lebih banyak lagi dari 6 negara berbeda.

Selebrasi kemenangan yang sekaligus sebagai upacara tahunan yang digelar di Hotel Four Seasons Korea Selatan pada Jumat (13/10/2023) lalu masih teringat jelas oleh Faldo Andreo. Di salah satu ajang penghargaan terbesar di bidang desain skala Asia itu, arek Suroboyo ini meraih 2 penghargaan di bidang desain arsitektur.

Acara yang juga menjadi pertemuan tahunan desainer papan atas tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh desain kelas dunia. Dibuka sekaligus disampaikan oleh Chairman of Judging Committee, Prof. Dr. Ken NAH dari Hongik University (Hong Dae), pemenang penghargaan K Design Award ini adalah sebuah penghormatan, karena telah melalui proses penjurian dan penyisihan akurat dari ribuan karya dan puluhan negara.

Penyerahan sertifikat fisik kepada Faldo Andreo dilakukan hingga dua kali oleh Prof. Sunah Kim dari Kumoh Institute of Technology dan Direktur Deokhee Jeong dari Adaptation (founder Tangram Design Lab, yang telah diakuisisi oleh perusahaan Kakao).

Karya Faldo Andreo pun mendapatkan komentar positif dari beberapa juri ternama seperti Prof. Shingo Ando dari Kyoto dan Kyunghoon Kim dari JUNGLIM Architecture (arsitek ternama dibalik Starfield Library, Korea).

Sebelumnya, Agustus 2023, Faldo juga telah menghadiri malam anugerah dari Asia Architecture Design Awards di gedung Marina Bay Sands Singapura. Di ajang yang diikuti ribuan peserta dari seluruh Asia ini Faldo dinyatakan sebagai pemenang dalam 2023 Best Commercial Building Architecture Design, melalui desain karyanya Marsa Headquarter.

Piala dan sertifikat penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mr. Tan Quee Peng dari RSP Architects (arsitek ternama dibalik pengembangan Resort World Sentosa) sekaligus Board of Advisors dari AADA.

Di tahun ini, pencapaian Faldo lainnya, NDA’s Golden Novum Design Award (in Architecture Category), NDA’ Silver Novum Design Award (in Architecture Category), BLT Built Design Award 2023 Winner (in Architecture – Spiritual & Religious), BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention (in Architecture – Chapel), BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention (in Architecture – Office Building), DNA Paris Design Awards Honorable Mention (in Architecture – Commercial & Offices) dan International Architecture & Design Awards 2023 Silver Winner (Professional Category).

Di ajang-ajang penghargaan tingkat dunia tersebut selalu diikuti oleh banyak perusahaan raksasa dunia dan arsitek kelas dunia. Ditinjau dari pengumuman resmi BLT Design Awards yang diadakan di Switzerland, pemenang lainnya di kategori yang sama tahun ini adalah Kengo Kuma & Associates, Perkins&Will USA dan instansi kaliber dunia lainnya, yang di tahun sebelumnya juga diikuti oleh Zaha Hadid Architects.

Sedangkan pada Novum Design Awards tahun ini, terdapat perusahaan besar seperti Aedas dan Kris Lin International Design yang dinyatakan sebagai sesama pemenang di kategori arsitektur. (Gan)

Teks Foto: Faldo Andreo, Arek Suroboyo penerima 10 penghargaan arsitektur dari 6 negara, saat menerima 2 penghargaan K Design Award di Seoul, Korea Selatan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait