Fasilkom Ubhara Jaya Selenggarakan “Sharing Session Merdeka Belajar Mahasiswa”, Berikut Pesan Dekan dan Rektor

  • Whatsapp

beritalima.com | Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Atas dasar itulah, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) pada semester Gasal dan Genap Tahun Akademik 2020/2021 mengikuti beberapa program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek sebagai bagian dari program kampus merdeka.

Untuk menyemangati dan memotivasi mahasiswa lainnya yang belum mengikuti program agar memiliki semangat untuk ikut dan terlibat dalam program kampus merdeka berikutnya, maka Fasilkom mambuat program webinar yang diberi nama “Sharing Session Merdeka Belajar Mahasiswa Fasilkom Ubhara Jaya”.

Dekan Fasilkom Ubhara Jaya, Dr. Tyastuti Sri Lestari, S.Si., M.M. menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan “Sharing Session Merdeka Belajar” yaitu sebagai forum berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan para alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka kepada mahasiswa yang lainnya.

“Sebagai sarana untuk memotivasi mahasiswa Fasilkom khususnya dan mahasiswa Ubhara Jaya pada umumnya untuk ikut program-program kampus merdeka yang dukung oleh Kemendikbud Ristek RI,” terang Tyas panggilan akrabnya itu.

Selain dua hal, tujuan acara tersebut menurut Tyas adalah sebagai upaya mengenalkan Fasilkom kepada para mahasiswa Informatika dan membangun kolaborasi dan jaringan komunikasi yang baik dengan para civitas akademika Ubhara Jaya lainnya.

Sharing Session Merdeka Belajar Mahasiswa Fasilkom-Ubhara Jaya #1 tersebut dilaksanakan pada Hari Jum’at, tanggal 13 Agustus 2021, mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB secara Daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan langsung disiarkan melalui channel youtube Fasilkom UBJ.

Hadir sebagai narasumber dari Sharing Session Merdeka Belajar Mahasiswa Fasilkom-Ubhara Jaya #1 adalah para perwakilan mahasiswa Program Studi Informatika yang telah menyelesaikan kegiatan program kampus merdeka pada semester Gasal dan Genap TA.2020/2021 dan mahasiswa yang akan mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional pada semester Gasal 2021/2022 yaitu sebagai berikut; Amanda (Program Kuliah Permata Sakti), Vera Venessa (RPL/English For Education), Iqbal Faris Akbar (Join Class UP-Ubhara Jaya), Muhammad Fariq Fadhillah (Student Exchange UM-Ubhara Jaya), Mayora Lolly Ishimora (IISMA), Roberto (Bangkit-2021), Budi Santoso (Kampus Mengajar-1 2021), M. Ichsan Yahya (KBMI 2021 & Pilmapres 2021), Beno (PKM 2021) dan Elfri Kartini (KN-MIPA 2021).

Sedangkan peserta Sharing Session Merdeka Belajar Mahasiswa Fasilkom-Ubhara Jaya #1 adalah civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan pimpinan dan staf Fasilkom UBJ serta Civitas Akademika Ubhara Jaya lainnya.

Tyas menambahkan, melalui Mahasiwa dan dosen, Fasilkom Ubhara Jaya sudah mulai ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan MBKM yang sudah diluncurkan oleh kemendikbud Ristek.

“Sejak Semester Gasal 2020/2021 Mahasiswa dan dosen Fasilkom sudah mulai berperan serta dalam kegiatan; -Pertukaran Mahasiswa-,” terang Tyas.

Lebih lanjut Tyas menjelaskan tentang Pertukaran Mahasiswa yakni pada Program Permata Sakti ada lima (5) mahasiswa Fasilkom ikut perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Magelang dan Amikom Yogyakarta, pada program Joint Class dengan Universitas Presiden ada 18 mahasiswa fasilkom yang ikut serta dan mendapat nilai pada matakuliah sistem basis data. Pada program Student Exchange dengan University of Mindanao Filipina ada tiga(3) mahasiswa Fasilkom lulus matakuliah Business Planning Preparation. Selanjutnya ada sejumlah 40 mahasiswa Fasilkom Ubhara Jaya dan 40 mahasiswa Universitas San Pedro mengikuti kuliah English For Education pada FIP Ubhara Jaya. Pada program RPL(Rekognisi Pembelajaran Lampau) ada dua dosen Fasilkom Ubhara Jaya memberikan kuliah pada Universitas San Pedro.

Kegiatan lain yang menurut Tyas Fasilkom sudah ikut serta adalah -Kampus Mengajar-. Yaitu, pada program Kampus Mengajar Angkatan-1 (semester Genap TA.2020/2021) sejumlah 11 (sebelas) mahasiswa dan 3 (tiga) dosen Fasilkom mengikuti dan menyelesaikan program Kampus Mengajar Angkatan-1. Dan pada semester Gasal 2021/2022 sudah ada 8 mahasiswa dan 1 dosen Fasilkom yang terdaftar dan baru memulai pelaksanaan Program kampus Mengajar Angkatan-2.

“-Studi Independen-, pada Semester Gasal TA.2021/2022 ini, sudah ada sejumlah 43(empat puluh tiga) mahasiswa fasilkom yang mendaftar dan lulus seleksi pada program Studi Independen Kampus merdeka pada 10(sepuluh) perusahaan yang tergabung pada program studi independent kampus merdeka,” ungkap Tyas peran Fasilkom selama ini.

Yang terakhir, sambung Tyas yaitu -Magang Merdeka-. Pada Semester Gasal TA.2021/2022 ini, sudah ada sejumlah 7(tujuh) mahasiswa fasilkom yang mendaftar dan lulus seleksi pada program Magang Kampus merdeka pada 2(dua) perusahaan yang tergabung pada program magang kampus merdeka.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Rektor Ubhara Jaya, Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M. menyampaikan bahwa program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek telah mulai dilaksanakan pada semester genap tahun 2020/2021.

Maka dari itu, lanjut Bambang, Ubhara Jaya sedang melakukan beberapa langkah seperti persiapan yang matang untuk implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

“Perencanaan yang baik, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan menyiapkan Sumber Daya Manusia sebagai pelaksana program,” demikian disampaikan Bambang sebagai langkah Ubhara Jaya saat ini.

Manurut Bambang, Ubhara Jaya patut berbangga dengan mahasiswa Fasilkom yang telah berhasil dalam persaingan untuk menjadi bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“Sehingga nantinya lulusan Ubhara Jaya akan siap bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain,” pungkas Purnawirawan Polisi Berpangkat Inspektur Jenderal itu.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait