beritalima.com

Fit and Proper Test BG Mulus

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Komisi I DPR menyatakan Komjen Budi Gunawan layak dan patut diapresiasi sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Hal itu diputuskan setelah Komisi I DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

beritalima.com

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin, mengatakan 10 fraksi di Komisi I DPR menyetujui pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Dalam fit and proper test yang berlangsung selama dua jam itu, tak ada perdebatan yang berarti dalam proses yang berjalan tertutup tersebut.

“Tidak ada perdebatan melainkan bagaimana mengambil kesimpulan. Pada prinsipnya semua fraksi sepakat setujui Budi Gunawan jadi Kepala BIN,” ujar Hasanuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9).

TB menjelaskan, dalam pemaparan misi, Budi Gunawan lebih menekankan pada pengamanan serta pemberantasan terorisme. Jenderal bintang tiga itu juga memaparkan proteksi yang harus dilakukan terhadap bangsa Indonesia agar terhindar dari ancaman keamanan nasional.

Komisi I, lanjutnya, menyepakati visi dan misi yang dipaparkan Budi Gunawan. Para wakil rakyat siap mengawasi program kerja yang akan dijalankan Budi Gunawan.

“Tinggal kami sepakat apa yang disampaikan beliau dipraktikan dan dilakukan pengawasan antara Kepala BIN dan Komisi I,” tutur Hasanuddin.

Setelah dinyatakan layak dan patut, katanya, Komisi I akan segera mengirimkan kepada pimpinan DPR untuk disampaikan pada rapat paripurna yang dijadwalkan pada Kamis 8 September 2016. “Kalau DPR nanti langsung kirim surat sore ini, mudah-mudahan bisa segera (dilantik),” harapnya.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *