Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi Kerukunan Umat

  • Whatsapp

Malangkabupaten, beritalimacom– Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Operasi Lilin Semeru 2016 Kabupaten Malang gelar rapat koordinasi dalam rangka menjalin hubungan kerukunan antar umat beragama. Hal itu dilakukan untuk saling menghormati, mempererat toleransi, saling menghargai serta menjunjung tinggi nilai Pancasila.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan, bahwa tujuan digelarnya operasi itu untuk memelihara Kamtibmas dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat dalam rangka Natal 2016 dan tahun baru 2017 selama 10 hari.

“Operasi Lilin Semeru 2016 itu pun akan berlangsung 10 hari, terhitung sejak 23 Desember, Semua itu dilakukan, supaya menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif,” terang Kapolres Rabu.

Operasi itu pun, lanjut Ujung bahwa fokus operasi ini juga mengatasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, bencana alam, teror bom, street crime, dan isu-isu terkait intoleransi dan radikalisme.

“Objek pengamanan nantinya berupa jalan raya, tempat wisata, ibadah gereja, objek vital, dan pemukiman warga.” Terangnya.

Untuk itu, Polres Malang akan mendirikan 4 Pospam dan Posyan ditambah pos-pos tidak tetap di lokasi-lokasi wisata dengan pola pengamanan preemtif dan preventif.

“Sedangkan jumlah personel yang akan terlibat dalam Ops Lilin Semeru 2016 ada 377 orang, diantaranya 248 Polri ditambah 129 Instansi terkait. Kami pun nanti akan menambah kekuatan 2/3 dari Polres Malang, ” tandasnya. (Sn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *