Gandeng Polres, Pemkab Situbondo Bentuk Satgas Saber Pungli

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Rapat Pembentukan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ( Satgas Saber Pungli) Kabupaten Situbondo resmi dibentuk, bertempat di lantai 2 Makopolres Situbondo senin (5/12).

Pembentukan Satgas Saber Pungli menurut Kapolres Situbondo AKBP Puji Hendro Wibowo,SH. SIK mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, dalam pelaksanaan tugasnya Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi , Intelijen, Pencegahan, Penindakan dan Yustisi, Adapun wewenang Satgas Saber Pungli adalah: 1.Membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar.
2. Melakukan pengumpulan data dan informasi dari pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi

“Mengoordinasikan, merencanakan, melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar. Melakukan operasi tangkap tangan, Memberikan rekomendasi kepada pimpinan kementerian/lembaga, serta kepala pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang terakhir memberikan rekomendasi pembentukan dan Melakukan evaluasi pemberantasan pungutan liar,” Papar kapolres.

Sementara itu, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH mengatakan, Satuan tugas sapu bersih pungutan liar yang dibentuk Pemkab Situbondo akan bersinergi dengan Satgas Sapu Bersih Pungli Polres Situbondo. Tim Saber Pungli internal Pemkab Situbondo telah melaksanakan tugasnya dengan cara melakukan sosialisasi melalui pemasangan baner-baner di kantor dan seluruh SKPD serta tempat – tempat umum agar mempermudah melakukan pencegahan-pencegahan.

“Dengan lahirnya Perpres No 87 tahun 2016, maka Satgas Saber Pungli Pemkab Situbondo bersinergi dengan Satgas Saber Pungli Polres Situbondo, diharapkan mampu memberatas Pungli yang merugikan masyarakat situbondo selama ini,” Harap Bupati

Hadir dalam pembentukan tersebut selain Bupati dan Kapolres Situbondo, hadir pula dari Perwakilan KODIM 0823, perwakilan Pengadilan Negeri Situbondo dan perwakilan Kejaksaan Negeri Situbondo, nantinya hasil temuan Satgas Saber Pungli kabupaten akan di koordinasikan dengan Pengendali dan penanggungjawab Satgas Sapu Bersih Pungli untuk tingkat nasional.

(**/JOE)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *