Gedung Baru Puskesmas Lebiti Kecamatan Togean di Resmikan

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com -Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE, MM, resmikan gedung baru Puskesmas Lebiti, Kecamatan Togean, Kabupaten Touna, Jumat (18/2/2022).

Kepala Puskesmas Lebiti Hajar A. Md. Kep dalam laporan panitia menyampaikan bahwa pembangunan Puskesmas Lebiti dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Th. 2021 senilai Rp 9.172.159.700- (Sembilan milyar seratus tujuh pulu dua juta seratus lima puluh sembilan ribu tujuh ratus rupiah).

“Sedangkan untuk pembangunan rumah dinas sebesar Rp 2.319.476.300 (Dua milyar tiga ratus sembilan belas juta empat ratus tujuh puluh enam ribu tiga ratus rupiah),”kata Hajar.

Hajar katakan, pekerjaan pembangunan Puskesmas Lebiti dan rumah dinas Puskesmas dilaksanakan oleh PT. Azril Sutar Kontruksi dan dikerjakan selama 200 hari kalender.

“Puskesmas Lebiti nantinya akan melayani sebanyak 16 Desa di Kecamatan Togean, namu saat ini yang menjadi kendala yakni kurangnya tenaga kesehatan ataupun tenaga medis,”tuturnya.

Sementara itu, Bupati Touna, Mohammad Lahay dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Touna sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Touna.

“Fasilitas kesehatan yang standar menjadi salah satu syarat wajib dalam penyediaan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas, selain ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dan tersediannya dana atau anggaran yang memadai,” kata Bupati.

Menurut Bupati, pembangunan gedung baru Puskesmas adalah bentuk upaya nyata pemerintah Kabupaten Touna dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Untuk itu, saya berharap dengan gedung baru yang lebih besar lebih luas dan lebih representatif dari pada gedung yang lama, dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik,”harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Ilham Lawidu SH, Asisten II Nawatsara Panjili, SE, M.Si, Kadis Kesehatan Dra. Javanet Alfari, MAP, Kadis PMD Toni Latimumu SH, Kepala Puskesmas Lebiti Hajar A. Md. Kep, Camat Togean Nasrudin Marfandi S.Pd.i, Kapolsek Una Una Iptu Maryanto, Danramil Una Una diwakili oleh Serka Sudarman, Kepala Desa Lebiti Harun Kaparengko, Tenaga Kesehatan/Tenaga Medis tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait