Gelar Pam Pemilu Dalam Rangka Persiapan Keamanan Pemilu Yang Tinggal Beberapa Hari

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Polres Lumajang adakan Gelar Pasukan di depan Stadion Semeru Lumajang, dalam rangka Pam Pemilu yang tinggal sebentar lagi. Sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban bersama dengan Dandim 0821 Lumajang Letkol Infanteri Ahmad Fauzi, SE,(22/03/2019).

Gelar Pasukan ini juga dihadiri oleh anggota Polres Lumajang, anggota Batalyon 527, Kodim 0821, KPU, PANWAS, Dishub, Satpol PP, BPO Linmas, Pagar nusa dan Satgas Keamanan Desa. Yang unik dari Gelar pasukan kali ini adalah keikutsertaan Satgas Keamanan Desa dalam rangka menghadapi Pemilu 2019. Sejumlah 5.690 anggota satgas keamanan desa yang terbentuk dari 198 desa se-kabupaten Lumajang.

Mereka adalah relawan keamanan yang dibentuk atas kerjasama Polres dengan Pemda Lumajang, semuanya telah tunjukkan eksistensi mereka. Para anggota Satgas Kamdes di lengkapi HT sebagai alat komunikasi. mereka juga memiliki rompi khusus sebagai identitas anggota satgas keamanan desa sesuai dengan nama desanya.

Kapolres Lumajang, AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH, memberikan apresiasi tinggi untuk Satgas Keamanan Desa karena ikut serta membantu menciptakan situasi kamtibmas di desanya, khususnya dalam pengamanan pemilu kali ini.

“Tugas utama Satgas Keamanan Desa ada empat, Pertama, bertugas menjaga dan memastikan keamanan di desanya dari segala bentuk gangguan Kamtibmas. Kedua, bertugas mendesain sistem keamanan di desanya masing-masing sesuai dengan karakteristik desanya. Ketiga, sebagai Problem Solver bagi masyarakatnya terkait masalah-masalah kamtibmas. Dan yang keempat, membantu menangani masalah-masalah dalam masyarakat seperti memobilisasi masyarakat dalam penanganan bencana, masalah-masalah sosial dan juga permasalahan yang dapat timbul dari pelaksanaan pemilu kali ini”, ujar Arsal Sahban.

Masih kata Arsal, “dalam pengamanan TPS, 20 TPS diamankan hanya oleh 2 personil Polri tentu kurang efektif. tapi dengan keberadaan Satgas Keamanan Desa, tentu sangat efektif dalam membantu pengamanan. Apalagi mereka sudah dilengkapi HT, sehingga memudahkan komunikasi”, pungkas Arsal.

www.beritalima.com

Saat ini seluruh desa se-kabupaten Lumajang sejumlah 198 sudah membentuk Satgas Keamanan Desa. Tiap desa beranggotakan 30-50 orang. Jumlah personil satgas keamanan desa sejumlah 5.690 yang merupakah relawan keamanan. (Jwo)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *