Gerakkan Ekonomi Warga, BUMDES Karya Sejati Kucurkan Dana Pinjaman

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Bumdes Karya Sejati yang dimiliki oleh Desa Glingseran kecamatan wringin  Bondowoso Jawa timur, betul-betul mempunyai perenan untuk membangkitkan gairah perekonomian masyarakat sekitar, salah satunya ​dengan memberikan modal pinjaman usaha terhadap para pelaku usaha kecil menengah yang ada di desa Glingseran.

Sebanyak 16 kelompok yang terdiri dari 13 RT mendapatkan kucuran dana pinjaman usaha pada tahap pertama yang cukup lumayan besar, tanpa adanya jaminan apapun hanya berbekal memiliki usaha setiap anggota sudah bisa mendapatkan pinjaman sebesar 450 Ribu dengan angsuran 27 Ribu setiap 2 minggu sekali dalam jangka waktu 10 bulan.

Hal Ini disampaikan oleh Kades Glingseran Sulaedi, menurutnya dengan bantuan modal seperti itu diharapkan warganya tidak lagi kerepotan untuk mencari modal usaha, karena selain Dana Pinjaman yang diberikan oleh BUMDES Karya Sejati bunganya dinilai sangat kecil dan dinilai tidak mencekik leher usaha kecil warganya.

“Bunga dari pinjaman tersebut hanya 1% saja dan bisa diangsur sebanyak 20 kali, artinya masyarakat tidak terlalu mempunyai beban karena harus menanggung bunga yang besar seperti saat memiliki pinjaman di KSP yang harus menyetor setiap hari,” ungkapnya.

Bahkan pihaknya berharap agar semua warganya yang memiliki usaha kecil tidak lagi meminjam modal usaha kepada koperasi harian maupun terhadap rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga besar.

“Harapan saya kedepannya semua warga tidak lagi bergantung pada koperasi harian ataupun rentenir, karena Bumdes Karya Sejati sudah memfasilitasi modal pinjaman kepada semua anggota kelompok yang memiliki usaha kecil menengah,” ungkapnya.

Maka dengan bunga yang kecil serta tidak dikejar-kejar setoran setiap hari, bisa dibilang akan membangkitkan gairah perekonomian masyarakat Desa Glingseran.

“Diharapkan dengan adanya Bumdes Karya Sejati ini, bisa membuat perekonomian warga menjadi meningkat dan cita-cita saya untuk mensejahterakan warga bisa tercapai,” imbuhnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *