Grebeg Pasar, Ketua TP PKK Trenggalek Pastikan Kebersihan jadi Prioritas

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, situasi dan kondisi pasar rakyat haruslah benar-benar bisa membikin nyaman serta aman pengunjung. Guna memastikan itu (kenyamanan dan keamanan) di wilayahnya, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Trenggalek pun menyempatkan diri meninjau ke sejumlah pasar.

Kepada awak media, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini menyebut jika kunjungannya kali ini secara substansial hanya untuk memastikan pasar-pasar daerahnya telah bersih dari sampah. Sehingga, konsumen (pengunjung pasar) yang datang bisa merasa nyaman ketika melakukan aktivitas mereka.

“Kunjungan ini serentak di 14 kecamatan, kami semua anggota tim penggerak PKK sesuai wilayah melakukan pembinaan di pasar masing-masing terkait kebersihan pembuangan sampahnya,” ungkapnya pada Sabtu, 15 April 2023.

Menurut Novita, dalam peninjauan tersebut pihaknya juga menyempatkan diri membagikan sejumlah tas dan stiker . Dengan tujuan utama adalah, memberikan edukasi serta upaya mewujudkan Trenggalek yang berdaya namun tetap ramah lingkungan. Sedangkan pembagian stiker, sebagai tanda komitmen dalam menjaga kebersihan bersama.

“Bagi para pengusaha, harus benar-benar mengawasi tempat jualannya ini bisa bebas sampah. Dihimbau, setidaknya ada dua tempat pembuangan sampah, yakni jenis basah dan kering. Sehingga mempermudah kegotong royongan antar petugas pasar, Dinas Komindag maupun pedagang pasar itu sendiri,” imbuh Novita.

Selain itu, masih lanjut istri Bupati Trenggalek tersebut, guna memastikan perputaran ekonomi pasar khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pihaknya secara terstruktur akan turut membantu dalam promosi ataupun menjualkan produk milik pedagang melalui online di media sosial (medsos). Bahkan, kedepan pihaknya akan membikinkan format kerjasama bareng Dinas Komindag dan Dekranasda demi mencari rumusan tentang bagaimana menumbuhkan daya beli masyarakat.

” Kami, TP PKK Trenggalek kedepan juga akan membuat format kerjasama dengan stakeholder terkait guna membantu UMKM sekaligus demi meningkatkan tumbuh kembangnya daya beli masyarakat,” pungkas dia. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait