Gubernur Khofifah Dorong Tumbuhnya Entrepreneur Muda di Jatim

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memiliki komitmen kuat untuk terus mendorong tumbuhnya entrepreneur muda di Jatim. Orang nomor satu di Jatim ini mendukung dan siap memberi ruang bagi kreativitas dan inovasi agar generasi muda bisa meraih sukses sejak dini.

“Orang hebat itu penting, orang kuat itu penting, tapi keduanya akan dikalahkan oleh orang kreatif dan inovatif,” kata Gubernur Khofifah saat menghadiri Festival Kebaya Banyuwangi Tahun 2019 di Gezibu Taman Blambangan, Kab. Banyuwangi, Rabu (24/4) malam.

Gubernur Khofifah mengatakan, salah satu bentuk dukungan tersebut adalah memberikan kemudahan dan izin bagi daerah-daerah yang ingin mengembangkan sektor entrepreneurship. Contohnya Banyuwangi yang ingin mengembangkan SMK kreatif, yakni SMK kopi dan SMK cokelat bagi para santri.

“Begitu pak bupati menyampaikan pengembangan SMK itu, saya langsung menelepon dan mengirim pesan via whatsapp kepada Kepala Dinas Pendidikan Jatim untuk segera mengeluarkan izinnya,” katanya sembari menambahkan, SMK kopi dan SMK cokelat tersebut akan dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Gubernur wanita pertama di Jatim ini menjelaskan alsasan dijadikannya SMK tersebut sebagai BLUD. Menurutnya, beberapa SMK yang sudah lebih dulu dijadikan BLUD ternyata mampu survive dan mendapatkan income. Jadi, model BLUD ini harus terus dibangun dan diperbanyak lagi agar kemandirian bisa diciptakan sejak usia muda.

“Kita memang sudah harus menyiapkan mereka yang memiliki talenta dan minat yang kuat di bidangnya, mereka harus diberikan ruang untuk tumbuh kembang dan bisa menuai sukses di usia muda,” jelasnya sembari menambahkan, desainer yang tampil pada malam ini adalah salah satu contoh bagaimana pemerintah memberikan fasilitas bagi generasi muda yang penuh inovasi dan kreativitas.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, alasan pihaknya mengembangkan SMK cokelat dan SMK kopi karena prospeknya sangat baik. Sebab, baik cokelat maupun kopi sangat murah dan mudah didapatkan oleh para santri. Yakni untuk 1 kg kopi harganya hanya Rp. 17.000,- sampai Rp 20.000,-.

“Tapi begitu para santri diajari cara roasting kopi, mereka cepat sekali belajar dan menguasainya. Dan itu bisa dijual Rp. 100.000,-, jadi peningkatan value-nya cepat,” katanya sembari menambahkan, sembari menunggu ijin dari Pemprov, pihaknya telah bekerjasama dengan Bank BUMN untuk menggelar pelatihan khusus jurusan cokelat dan kopi.

Bupati Azwar juga meyatakan dukunganna terhadap program pengembangan ekonomi kerakyatan agar rakyat kecil lebih mempunyai peluang dan kesempatan dalam meningkatkan derajat kesejahteraannya. Salah satunya dengan menumbuhkan pasar kuliner lokasl, serta menolak masuknya franchise-franchise kuliner dari luar negeri,

“Kita sedang mengembangkan kuliner tematik, misalnya arab street. Jadi pada malam tertentu kita tutup satu ruas jalan, kemudian di jalan itu digelar restoran masakan kaki lima yang khusus menyajikan masakan khas arab kelas 1. Ini sangat bermanfaat bagi rakyat yang tidak mampu menyewa tempat untuk membuka lahan,” pungkasnya. (tt).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *