Gus Ipul Ajak Masyarakat Lestarikan Produk Kuliner Jatim

  • Whatsapp
Sekdaprov Jatim foto bersama dengan para pemenang di acara Festival Makanan Jatim 2017 di JX Expo Surabaya

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mengajak masyarakat untuk melestarikan produk kuliner Jatim. Pasalnya, produk kuliner merupakan salah satu kearifan lokal, peninggalan nenek moyang, serta menjadi ciri khas suatu daerah, bahkan dapat dikatakan sebagai warisan budaya bangsa.

“Mari kita lestarikan, kembangkan, dan promosikan produk kuliner Jatim agar tidak ditelan perkembangan zaman, serta tetap eksis meski banyak produk makanan modern dan asing yang ada di Indonesia” ajak Gus Ipul, saat membuka Festival Makanan Khas Jatim 2017 di JX International Expo, Selasa (19/9) malam.

Gus Ipul mengatakan, dengan melestarikan produk kuliner khas yang ada di setiap kabupaten/kota di Jatim, maka akan tumbuh ikon destinasi wisata kuliner baru di masing-masing daerah. Hal itu akan menjadi pengungkit perekonomian di daerah, sehingga perekonomian Jatim juga ikut terangkat.

Ditambahkan, menurut data BPS, kinerja kepariwisataan Jatim menunjukkan peningkatan dalam dua tahun terakhir. Pada 2016, kunjungan wisatawan mancanegara ke Jatim mencapai 618.536 orang, meningkat sebanyak 1% dari tahun 2015 yang mencapai 612.412 orang.

Sedangkan kunjungan wisatawan nusantara ke Jatim pada tahun 2016 mencapai 54 juta orang, meningkat 6% dari 2015 yang hanya 51 juta orang. Kemudian, kontribusi sektor pariwisata pada PDRB Jatim tahun 2016 mencapai Rp. 106, 274 triliun, meningkat sebanyak 14,66% dari tahun 2015 yang hanya Rp. 92,683 triliun.

“Peningkatan itu menunjukkan permintaan masyarakat dan wisatawan terhadap kebutuhan akomodasi, makan-minum, dan jasa hiburan sangat tinggi. Ini peluang investasi yang harus diperhatikan. Peran masyarakat, pelaku usaha kuliner, hotel, restoran, dan rumah makan diperlukan untuk melestarikan dan mempromosikan kuliner khas Jatim untuk menarik kunjungan wisatawan ke Jatim” lanjutnya.

 

Inovasi dan Kolaborasi Kunci Menangkan Persaingan

 

            Masih menurut Gus Ipul, dibutuhkan inovasi, serta kolaborasi agar kuliner Jatim dapat memenangkan persaingan di era globalisasi. Inovasi bertujuan untuk memunculkan cita rasa baru tanpa menghilangkan ciri khas dari produk kuliner dari masing-masing daerah.

Guna mewujudkannya, Gus Ipul meminta hotel, restoran, rumah makan, dan usaha jasa boga atau catering untuk terus berkreasi mengembangkan masakan khas daerah. “Masakan juga harus memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga tidak hanya lezat, tapi juga dapat memberikan kesehatan bagi konsumen” katanya.

Kemudian, agar produk kuliner makin laris, diperlukan kolaborasi antara pelaku usaha kuliner untuk mempromosikan produk tersebut. “Produk kuliner kita perkenalkan dan djual di hotel, resto, rumah makan, dan catering agar bisa dinikmati seluruh kalangan. Selain itu, kita perlu memperluas pasar dengan cara menampilkan produk kuliner di berbagai festival makanan baik di dalam, maupun luar negeri” pungkasnya.

 

Festival Makanan Khas Jatim Gali Potensi Daerah

 

            Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Jarianto mengatakan, festival yang mengambil tema “Melalui  makanan khas kita tingkatkan peran wisata kuliner dalam mengembangkan wisata di Jatim” ini bertujuan untuk menggali potensi dari berbagai macam makanan tradisional khas daerah di Jatim.

“Festival ini memacu tumbuhnya kreasi dari makanan khas daerah sebagai warisan budaya yang digai dari berbagai kabupaten/kota di Jatim. Kreasi itu dapat dijadikan promosi dan menjadi daya tarik wisatawan, khususnya pecinta kuliner untuk berkunjung ke Jatim” katanya.

Festival ini diikuti sebanyak 31 peserta yang terdiri dari pengusaha kuliner, hotel, restoran, rumah makan, dan usaha jasa boga atau katering dari 28 kabupapten/kota se- Jatim. Akan ditetapkan lima pemenang dan tujuh kategori the best performance yang ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari juri dan praktisi kuliner.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi dan Bupati Magetan (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *