Gus Ipul Berangkatkan 6000 ‘Gowes Nusantara

  • Whatsapp
Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Hadiri Gowes Pesona Nusantara di Pendopo Kabupaten Blitar

BLITAR, beritaima.om – Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf melepas keberangkatan enam ribu  lebih peserta ‘Gowes Nusantara’ di halaman  kantor Bupati Blitar, Minggu  (13/8).

Gus Ipul-sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim ini,  menyampaikan apresiasi  kepada seluruh peserta Gowes Nusantara. Karena, menurut ilmu kedokteran olah raga yang paling menyehatkan salah satunya adalah gowes atau sepedahan.

Dengan bersepeda, menurutnya, semua  anggota tubuh bergerak, mulai tangan, kaki, mata, pikiran juga ikut bergerak.

Selani itu, bersepeda juga relatif murah untuk semua kalangan dan semua umur baik kalangan tua, muda dan anak-anak. Pada umumnya masyarakat punya sepeda, maka dari itu, bersepeda ini suatu kegiatan yang bisa diikuti masyarakat secara luas.

Gowes Nusantara ini menarik karena disertai kampanye budaya yang kita miliki. Dengan demikian olah raga berjalan dengan baik, memasyarakat kuliner, tarian/ budaya juga bisa berjalan dengan baik.

Makin maju, masyarakatnya makin sehat, kab blitar dan Jatim makin sejahtera dan Indonesia juga sejahtera. Dalam merayakan HUT kemerdekaan RI semoga Indonesia menjadi Bangsa yang sehat, bangsa yang maju dan menjadi bangsa pemenang.

Kegiatan Gowes yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 639 ini sifatnya nusantara. Kab blitar merupakan satu diantara daerah yang kaya dengan budaya.

Bupati Blitar Drs H Rijanto, MM mengharapkan, kegiatan Gowes Nusantara ini merupakan program Kemenpora RI bekerja sama dengan Kab Blitar untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Jumlah peserta diprediksi akan terus bertambah mencapai 10 ribu, karena ada peserta yang menuggu di pos 1 dan pos 2.

Owes nusantara, bernuansa rekreasi, silaturahmi, dan wisata sambil menikmati sepanjang perjalanan, seluruh peserta akan mendapat suguhan makanan khas dan hiburan seni budaya khas Blitar.

Dengan jarak tempuh lebih kurang 22 km, dengan start dan finish di halaman kantor bupati di Kanigoro Blitar. Setelah keberangkatan dilepas oleh Gus Ipul, peserta menuju candi Sawentar sebagai pos I. Di pos ini peserta bisa menikmati makanan  khas dan budaya khas Blitar. Setelah itu menuju pos 2 di Bendungan Wlingi Raya, Jegu.dan pos 3 di Lodoyo yang dikenal dengan mbah Prada.

Dalam kesempatan itu Gus Ipul didampingi Bupati Blitar Gowes bersama, diikuti walikota Blitar, mantan bupati Blitar Herry Noegroho, anggota Forpimda, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Blitar dengan mengenakan pakaian adat nusantara. (rr).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *