Gus Ipul Ingatkan Jemaah Haji Atur Ritme Ibadah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengingatkan kepada calon jemaah haji (CJH) untuk senantiasa mengatur ritme ibadah selama menunaikan rukun islam kelima bagi ummat muslim tersebut di tanah suci.
Hal tersebut disampaikannya saat melepas Calon Jemaah Haji kloter 57 berjumlah 445 orang di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Rabu (16/8) malam
Dikatakannya, mengatur ritme ibadah sangat diperlukan agar semua yang menjadi rukun haji bisa terlaksana dengan baik. Terkadang, banyak jamaah yang langsung beribadah dengan porsi berlebihan sehingga pada saat melakukan ibadah ibadah wajib pada rukun haji tidak terlaksana.

“Jemaah haji harus pandai mengatur ritme ibadah agar tidak sakit dikemudian hari. Jangan terlalu memforsir tenaga untuk melakukan ibadah sunah. Biasanya, banyak jamaah yang terlalu bersemangat melakukan ibadah sunah tanpa mempertimbangkan tenaga dan fisiknya sehingga banyak jamaah haji yang sakit,” imbuhnya.
Gus Ipul biasa ia disapa berharap, kepada para CJH Embarkasi Surabaya untuk selalu menjaga kesehatan. Seluruh jamaah haji harus selalu menjaga kondisi dan kesehatan selama menjalankan ibadah haji, karena perbedaan cuaca yang cukup signifikan.

Bahkan, saat ini suhu cuaca disana mencapai 45 derajat celscius. “Saya berdoa agar seluruh calon jamaah haji dapat berangkat dan kembali dalam keadaan sehat dan diberikan haji yang mabrur,” tegasnya.
Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul juga meminta kepada petugas kesehatan dan pendamping agar dengan sabar menuntun dan memantau setiap kondisi dari para jamaah terutama bagi jamaah haji yang berusia lanjut.

“Saya berdoa agar semua tenaga medis, kesehatan, dokter maupun perawat tidak bekerja sama sekali di tanah suci. Artinya, jika tenaga medis tidak bekerja tidak ada yang sakit dan seluruh calon jamaah haji diberikan sehat,” ujarnya.

Gus Ipul menitipkan kepada seluruh jamaah agar mendoakan Bangsa dan Negara Indonesia khususnya Jatim tetap aman nyaman dan adem. “Selamat jalan, titip doa agar Indonesia dan Jatim selalu Adem. Adem yang saya maksud yakni Aman, Demokratis Ekonomi meningkat, dan Masyarakatnya tambah bahagia. Semoga kami yang di sini juga keserempet kemuliaan dari jemaah yang akan berangkat,” pungkasnya. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *