Gus Ipul: Mahasiswa Cerdas Ciri Pemuda Harapan Bangsa

  • Whatsapp
????????????????????????????????????

Kesempatan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi tidak diperoleh setiap orang. Oleh karena itu pada mereka yang mendapatkannya, Drs. H Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur meminta untuk bersungguh-sungguh dan mampu berpikir cerdas agar dapat memanfaatkan peluang tersebut, hingga pada nantinya dapat menjadi pemuda harapan bangsa dan negara. Pesan itu disampaikannya ketika memberikan sambutan sekaligus sebagai bekal kepada para mahasiswa baru dalam acara Penutupan Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA MABA) Tahun Ajaran 2016 Universitas Islam Malang, Rabu (7/9) sore.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyebut mahasiswa baru ini sebagai orang yang terpilih mendapat anugerah dari Allah SWT. Dengan mempaparkan data, menurutnya tidak semua lulusan SMA bisa sekolah hingga jenjang perguruan tinggi. Hanya 30% lulusan SMA sederajat yang bisa meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. “Kalian semua harus bangga dan bersyukur karena bisa menjadi bagian dari 30% itu. Untuk itu patut disyukuri dengan sungguh-sungguh sambil tancapkan dalam hati bahwa anda patut mewakili 70% teman-teman anda yang tidak bisa mewakili ke perguruan tinggi”, terangnya

Selanjutnya ia meminta pada mahasiswa baru untuk menjalani pendidikan di kampus dengan baik. Pesannya pada mahasiswa baru ialah untuk merampungkan studinya dengan baik. “Jangan jadi golongan orang yang tidak lulus kuliah dari kampus ini, syukur-syukur lulus tepat waktu. Ini penting untuk menyemangati diri kita bahwa kalian harus berpikir untuk tak hanya memajukan diri sendiri tapi juga Indonesia”, jelasnya

Gus Ipul menekankan pentingnya peran lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Ia membuka data kembali. Menurut catatannya, dari kurang lebih 250 juta total penduduk Indonesia, jumlah sarjana baru sekitar 12 juta orang. “Ini artinya hanya 6-7%. Oleh karena itu Adik-adik harus menambah jumlah itu agar jumlah sarjana di Indonesia bertambah. Harapan saya mudah-mudahan anda semua yang berdiri di depan sini menjadi orang hebat untuk Indonesia”, pesannya yang sontak diamini oleh para mahasiswa.

Pada akhirnya Gus Ipul berbagi kunci sukses. Menurutnya ada dua hal yang perlu dilakukan bila ingin mencapai keberhasilan.  “Pertama, kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh dan belajar dengan sukses. Tidak ada orang sukses tanpa belajar dan bekerja keras. Kedua, upayakan senantiasa membuka jaringan, usahakan adik-adik aktif di organisasi. Pilih organisasi yang terbaik agar adik-adik punya koneksi untuk berhubungan dengan pihak lain dalam memajukan karier kalian semua, terangnya.

Menurutnya, seorang pemenang dalam hidup mesti memiliki tiga syarat, kebahagiaan spiritual, kebahagiaan intelektual, dan kebahagiaan fisik. “orang tidak boleh hanya pintar tetapi juga harus dekat dengan Tuhan agar terarah. Saya senang Unisma punya program Unisma bershalawat dan Unisma Mengaji yang bisa memperkuat spiritualitas. Lalu jangan lupa bahwa harus sehat dan berpenampilan yang baik”, terangnya berbagi dengan para hadirin.

OSHIKA maba Unisma 2016 ini diikuti sekitar 3.700 mahasiswa. Tema Oshika tahun ini adalah “Mengembangkan Karakter Mahasiswa Menuju Kejayaan Indonesia dan Membangun Peradaban Dunia”. Pada kesempatan ini Gus Ipul juga memberikan penghargaan pada mahasiswa terbaik dari tiap jurusan.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *